Struktur kurikulum adalah kerangka atau susunan mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran yang harus diikuti oleh peserta didik dalam suatu jenjang pendidikan. Struktur ini mencakup jenis mata pelajaran, alokasi waktu belajar, dan urutan penyampaian materi, yang bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Struktur Kurikulum Deep Learning Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau Bentuk Lain yang Sederajat sebagai berikut.
A. Kelas VII-VIII
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun | Alokasi Kokurikuler Per Tahun | Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|
Mata Pelajaran Wajib | |||
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
| 72 | 36 | 108 |
Pendidikan Pancasila | 72 | 36 | 108 |
Bahasa Indonesia | 180 | 36 | 216 |
Matematika | 144 | 36 | 180 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 144 | 36 | 180 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 108 | 36 | 144 |
Bahasa Inggris | 108 | 36 | 144 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 72 | 36 | 108 |
Informatika | 72 | 36 | 108 |
Seni, Budaya, dan Prakarya
| 72 | 36 | 108 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib | 1.044 | 360 | 1.404 |
Mata Pelajaran Pilihan | |||
Koding dan Kecerdasan Artifisial | 72 | - | 72 |
Muatan Lokal | 72 | - | 72 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan/ Muatan Lokal | 1.116 | 360 | 1.476 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal | 1.188 | 360 | 1.548 |
B. Kelas IX
Mata Pelajaran | Alokasi Intrakurikuler Per Tahun | Alokasi Kokurikuler Per Tahun | Total JP Per Tahun |
---|---|---|---|
Mata Pelajaran Wajib | |||
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
| 64 | 32 | 96 |
Pendidikan Pancasila | 64 | 32 | 96 |
Bahasa Indonesia | 160 | 32 | 192 |
Matematika | 128 | 32 | 160 |
Ilmu Pengetahuan Alam | 128 | 32 | 160 |
Ilmu Pengetahuan Sosial | 96 | 32 | 128 |
Bahasa Inggris | 96 | 32 | 128 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 64 | 32 | 96 |
Informatika | 64 | 32 | 96 |
Seni, Budaya, dan Prakarya
| 64 | 36 | 96 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib | 928 | 320 | 1.248 |
Mata Pelajaran Pilihan | |||
Koding dan Kecerdasan Artifisial | 64 | - | 64 |
Muatan Lokal | 64 | - | 64 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan/ Muatan Lokal | 992 | 320 | 1.312 |
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal | 1.056 | 320 | 1.376 |
Berikut merupakan penjelasan dari Struktur Kurikulum Sekolah secara umum.
- Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
- Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
- Muatan Lokal merupakan muatan pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal berupa:
- seni budaya;
- prakarya;
- pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan;
- bahasa; dan/atau
- teknologi.
- Muatan Lokal dapat dilaksanakan pada Satuan Pendidikan melalui:
- pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
- pengintegrasian ke dalam Kokurikuler; dan/atau
- mata pelajaran yang berdiri sendiri.
- Kurikulum di Satuan Pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, atau bentuk lain yang sederajat menambahkan mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
- Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar, dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
- Kelas khusus atau Satuan Pendidikan khusus olahraga atau seni dapat menggunakan alokasi waktu Kokurikuler sebagai penguatan kompetensi khusus keolahragaan atau kesenian sesuai kebutuhan Peserta Didik.
- Mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial dapat disediakan oleh Satuan Pendidikan sesuai sumber daya yang dimiliki dan dapat dipilih oleh Peserta Didik sesuai minatnya.
- Kurikulum pada Satuan Pendidikan dapat dirancang dengan konsep diversifikasi. Konten diversifikasi dapat diambil dari kearifan lokal, potensi daerah, atau program nasional yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi Satuan Pendidikan.
Sumber: Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025