Kegiatan Jum'at Sehat


Abstrak Foto

Abstrak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini sedang mengembangkan Gerakan Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, dan Menyenangkan. Sekolah sehat adalah sekolah yang secara terus menerus menguatkan kapasitasnya sebagai tempat yang sehat untuk belajar dan bekerja. Kesehatan tidak hanya berupa keadaan tanpa penyakit, tetapi keadaan sehat secara fisik, sosial dan emosional.

Sekolah sehat pada prinsipnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal (tidak sakit) baik secara jasmani maupun rohani. Hal ini ditandai dengan situasi sekolah yang bersih, indah, tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejahteraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Dengan begitu, sekolah sehat memungkinkan setiap warganya dapat melakukan aktivitas yang bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna untuk sekolah tersebut dan lingkungan di luar sekolah.

Kesehatan fisik (physical endurance) tidak hanya didukung oleh kondisi kebugaran jasmani saja akan tetapi dipengaruhi juga oleh asupan gizi yang memadai. SMP Negeri 4 Karanganyar dalam rangka menjaga kesehatan warga sekolah berupaya secara terjadwal melakukan kegiatan Jum'at Sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh semua warga sekolah agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk COVID-19 yang telah menjadi pandemik.


Materi Kegiatan

Materi dalam kegiatan Jum'at Sehat meliputi :

  • Senam
  • Jalan sehat

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

  • Hari : Jum'at Minggu Ketiga
  • Jam : 07.00 - 07.40 WIB

Pembina Jum'at Bersih

  • Penanggungjawab : Kepala Sekolah
  • Pembina :
    1. Sudarmi, S.Pd.
    2. Dra. Sri Mulyani
    3. Tumini, S.Pd.