Peraturan Permainan Bola Basket


Peraturan Permainan Bola Basket
  1. Terdapat 2 standar waktu bermain di pertandingan bola basket, yaitu:
    • NBA: 12 menit x 4 periode
    • FIBA: 10 menit x 4 periode

  2. Shot lock 24 seconds
  3. Waktu penyerangan 1 tim harus melakukan penetrasi/ bola mengenai ring lawan sebelum 24 detik. Jika waktunya habis, maka bola diberikan kepada tim lawan.

  4. 8 Second violation
  5. Pada saat menyerang bola tidak boleh berada di daerah bertahan (back court) selama delapan detik. Jika berada di daerah bertahan lebih dari 8 (delapan) detik, maka bola diberikan kepada tim lawan.

  6. 5 Second violation
  7. Pemain penyerang tidak boleh memegang bola lebih dari lima detik tanpa melakukan dribble atau passing ke teman timnya. Hal ini terjadi jika pemain bertahan melakukan penjagaan rapat. Jika memegang bola lebih dari 5 (lima) detik, bola akan berpindah ke tim lawan.

  8. 5 Second violation passing ke dalam (in bound pass)
  9. Pemain tidak boleh lebih dari 5 (lima) detik untuk melakukan passing. Jika lebih dari 5 (lima) detik, penguasaan bola berpindah kepada tim lawan.

  10. Pada saat ingin passing out (in bound pass)
  11. Kaki pemain harus di luar lapangan. Jika menginjak garis, bola akan menjadi milik tim lawan.

  12. Pada saat passing out
  13. Kaki pemain tidak boleh bergerak kanan dan kiri. Jika bergerak, penguasaan bola akan berpindah kepada tim lawan. Jika setelah lawan memasukan point (lemparan dari bawah ring), pemain diperbolehkan bergerak.

  14. 3 Second Violation
  15. Pemain penyerang tidak boleh berdiam diri di dalam kotak di bawah ring (key hole/ point area) selama lebih dari 3 (tiga) detik. Jika lebih dari tiga detik berdiam diri di key hole, penguasaan bola akan berpindah kepada tim lawan.

  16. 1 Point di dalam bola basket
  17. 1 point didapatkan jika pemain memasukkan bola dari tembakan bebas (free throw).

  18. 2 Point di dalam bola basket
  19. 2 point didapatkan jika pemain memasukkan bola dari dalam daerah garis tiga point yang berbentuk setengah lingkaran besar.

  20. 3 Point di dalam bola basket
  21. 3 point didapatkan jika pemain memasukkan bola dari luar garis tiga point. Meskipun dilakukan dari jauh, jika di luar garis tiga point, tetap mendapatkan tiga point.

  22. Jump Ball
  23. Jump ball terjadi jika ada pemain dengan pemain lawan memegang bola bersamaan atau tarik-menarik. Jump Ball ditentukan oleh arrow untuk memutuskan tim yang akan menyerang.

  24. Wasit
  25. Dalam permainan bola basket tingkat nasional terdapat 3 (tiga) wasit yang berada di dalam lapangan.


Sumber:
Ekstrakurikuler Basket Jenjang SMP
Kemendikbudristek 2021