Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar


Analisis penilaian hasil belajar merupakan metoda dalam mengolah hasil pelaksanaan penilaian, dan salah satu prosedur penilaian yang harus dilakukan oleh pendidik. Kegiatan analisis penilaian hasil belajar telah diamanatkan pada Permendikbudristek No. 21 Tahun 2022, khususnya Pasal 7. Sebab dengan melaksanakan analisis maka seorang pendidik akan memperoleh berbagai manfaat dari analisis penilaian hasil belajar yang berguna bagi kemajuan pembelajaran di satuan pendidikan.

Untuk mempermudah pendidik dalam melakukan analisis penilaian hasil belajar, bidang akademik SMP Negeri 4 Karanganyar telah berkreasi dengan mengembangkan Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan basis program VBA Microsoft Excel, sehingga dalam penggunaannya anda harus mengaktifkan fitur macro terlebih dulu.

Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar

Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar menampilkan 3 (tiga) bentuk soal yang populer digunakan pada satuan pendidikan, mulai dari SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA, yaitu:

  1. Pilihan Ganda
  2. Pilihan Ganda dan Uraian
  3. Uraian atau Essay

Penggunaan Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar ini sangat mudah, anda cukup memasukkan nilai pada form Input Data maka akan diperoleh hasil berupa:

  • Analisis Hasil Ulangan
  • Analisis Butir Soal
  • Distribusi Kelompok Atas dan Bawah
  • Tindak lanjut meliputi Program Remedi/ Perbaikan dan Pengayaan

Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar menawarkan cara cetak (printout) yang lebih mudah, memungkinkan anda untuk mencetak pada lembaran kertas yang terdiri dari cover, analisis hasil ulangan, analisis butir soal, kelompok atas/ bawah, program remedial dan pengayaan hanya dengan sekali klik.

Disamping itu melalui Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar, anda juga dapat melakukan konversi semua halaman yang terdapat pada aplikasi ke format PDF dengan hanya satu kali klik. Cukup mudah, kan?

Jika anda ingin mencoba Aplikasi Analisis Penilaian Hasil Belajar ini, silakan download pada tautan Google Drive. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda.


Thanks to: P4TK Matematika-Bermutu