Posisi Pemain Bola Basket


Dalam permainan bola basket terdapat 5 (lima) posisi utama pemain, yaitu Point Guard (1-PG), Shooting Guard (2-SG), Small Forward (3-SF), Power Forward (4-PF), dan Center (5-C). Biasanya, posisi ini juga diwakili dengan angka untuk mempermudah penyebutannya. Pemain tengah (center) biasanya ditempati oleh pemain yang bertubuh paling tinggi dalam tim.

Posisi Pemain Bola Basket

Berikut ini posisi pemain bola basket yang biasa diterapkan pada permainan, yaitu:

  1. Posisi 1/PG (Point Guard)
  2. Point guard adalah pengolah bola terbaik yang dimiliki oleh sebuah tim dan sebagai pengatur pola penyerangan.

  3. Posisi 2/SG (Shooting Guard)
  4. Shooting guard biasanya lebih sering dinobatkan sebagai penembak luar terbaik dalam sebuah tim. Tugasnya lebih kepada pencetak angka dari pada mengolah bola.

  5. Posisi 3/SF (Small Forward)
  6. Small forward berati pemain dengan ukuran kecil. Pemain ini memang tidak memiliki kemampuan rebound atau defense sebaik power forward. Akan tetapi, pemain pada posisi ini dapat melakukan tembakan luar dan juga tembakan dalam yang baik.

  7. Posisi 4/PF (Power Forward)
  8. Power forward memiliki tubuh kuat yang dapat melakukan rebound dengan baik. Power forward dapat mencetak angka melalui tembakan dalam dan rebounder terbaik dalam sebuah tim.

  9. Posisi 5/C (Center)
  10. Posisi Center diberikan kepada pemain bertubuh besar. Pemain tersebut selalu berada di posisi paling dekat dengan ring basket. Posisi ini mendominasi pada daerah sekitar ring basket, baik dalam mencetak angka, rebound, blocking, atau mencegah pemain lawan menembak di daerahnya.

Selain itu ada juga yang mempergunakan pembagian posisi pemain sebagai berikut:

  1. Posisi 1 (point guard)
  2. Posisi 2 (shooting guard)
  3. Posisi 3 (power forward)
  4. Posisi 4 (high post)
  5. Posisi 5 (low post)

Sumber:
Ekstrakurikuler Basket Jenjang SMP
Kemendikbudristek 2021