Karakteristik Pembelajaran PAUD


Pendidik perlu memahami dan menerapkan karakteristik pembelajaran yang perlu terjadi agar tujuan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi tercapai.

Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi berisikan sejumlah kompetensi yang dapat diibaratkan serupa dengan sejumlah mata pelajaran yang ada pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Capaian Pembelajaran bagi anak usia dini perlu membangun enam aspek perkembangan sesuai STPPA, meliputi nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan nilai Pancasila.

Berikut ini adalah karakteristik pembelajaran PAUD, yaitu:

  1. Interaksi dengan anak yang mencerminkan rasa menghargai dan menghormati anak.
  2. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk mendorong rasa ingin tahu anak dan memberikan pengalaman yang menyenangkan agar tercapainya tujuan pembelajaran.
  3. Perancangan kegiatan pembelajaran memperhatikan laju perkembangan, minat, dan kebutuhan anak yang berbeda.
  4. Penyusunan tujuan pembelajaran mampu memunculkan tantangan bagi anak.
  5. Pencapaian tujuan pembelajaran dilakukan dengan pemberian bimbingan dan dukungan pada anak.
  6. Pencapaian tujuan pembelajaran dilakukan melalui kemitraan dengan keluarga.
  7. Pemanfaatan lingkungan dan teknologi sebagai sumber belajar.
  8. Pelaksanaan asesmen selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya.
  9. Penerapan asesmen dilakukan dengan cara autentik (mengamati perilaku/ kemampuan anak secara alami dan apa adanya yang ditampilkan anak), sehingga lebih adil dalam mendokumentasikan perilaku dan kemampuan yang teramati.

Sumber: Keputusan Kepala BSKAP Kemedikbudristek No. 32/H/KR/2024