Kegiatan Pramuka Oleh Siswa SMP N 4 Karanganyar Terbukti Meningkatkan Kedisiplinan Dan Kerjasama Yang Baik


Umi Barokatun

(Penulis : Umi Barokatun, S.Pd.)


Baden Powell: “Scouting” as I have said above, is not a science tobe solemnly studied, nor it is not a collection of doctrines and texts. No! It is jolly games in out of doors, where Boy-Men and Boys can go Adventuring together as older and younger brother, picking up health and happiness, handicraft and helpfulness.

Baden Powell: ”Pramuka“ seperti yang telah saya katakan di atas bukanlah ilmu yang harus di pelajari dengan sungguh-sungguh atau itu bukan kumpulan Doktrin dan Teks. Tidak! Ini adalah permainan-permainan periang di luar rumah. Di mana anak laki-laki dewasa dan anak laki-laki remaja bisa pergi bertualangan bersama sebagai saudara tua dan saudara muda, mengambil kesehatan dan kebahagiaan, kerajinan dan menolong.

Pengantar

Giat Pramuka di lakukan dalam bentuk pertemuan-pertemuan di lakukan secara berjenjang. Pertemuan memberikan pembelajaran kebersamaan dan persaudaraan. Pertemuan dilakukan dan disesuaikan potensi minat dan bakat.

Penggunaan istilah Gerakan Pramuka, Kepramukaan dan Pramuka

Gerakan Pramuka adalah Organisasi yang di bentuk oleh Pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Kepramukaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan Pramuka. Anggota Pramuka adalah warga Negara Indonesia yang aktif dalam Pendidikan Kepramukaan serta mengamalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Anggota Muda peserta Didik adalah Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Anggota Dewasa adalah Pembina Pramuka, Pelatih (Pembina Pramuka, Pembina Profesional, Pamong Saka dan Instruktur Saka, Pimpinan Saka, Andalan, Anggota Mabi). Satuan Karya Pramuka, disingkat Saka, merupakan satuan Pendidikan Khusus bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Siaga adalah Peserta didik Berusia 7 – 10 tahun, Barung terdiri dari 6 – 8 orang, Perindukan terdiri dari 3 – 4 Barung. Kecakapan Pramuka Siaga di peroleh melewati pengujian syarat kecakapan umum (SKU): Siaga Mula, Siaga Bantu dan Siaga Tata.

Perkemahan Sebagai Alat Pendidikan

Tujuan perkemahan adalah menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar benarnya. Menurut Muhammad Amin Rais ada 5 Pondasi untuk mewujudkan masyarakat Islam itu yaitu :

  1. Tauhid.
  2. Sistem nilai moral yang benar berdasarkan wahyu Ilahi.
  3. Melakukan amal sholeh sebanyak-banyaknya (faith and action or action base on faith).
  4. Keadilan.
  5. Terus menerus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Siswa-siswi SMP N 4 Karanganyar mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah setiap satu minggu sekali yaitu pada hari sabtu siang jam 12.30 – 15.00 WIB, di bawah bimbingan para Pembina Pramuka Bapak Adif Muhtar S.Pd, Ibu Anik Hidajati, S.Pd, M.Pd dan ibu Rina Juli Setianingrum S.Pd. SMP Negeri 4 Karanganyar saat ini di bawah pimpinan Bapak Sutomo, S.Pd. Beliau adalah seorang yang bijaksana dalam memimpin sekolah, dapat menjadikan suasana sekolah yang harmonis dan kerja sama yang baik, sehingga sekolahnya tetap maju dalam bidang Akademik dan budaya terbukti siswa-siswi SMP Negeri 4 Karanganyar sering mendapatkan Kejuaraan dalam lomba kepramukaan.

SMP Negeri 4 Karanganyar mempunyai kegiatan Pramuka yang terjalin dalam wadah Mabigus Gerakan Pramuka Gugus Depan SMP Negeri 4 Karanganyar. Karena kedisiplinan dan kerja sama yang baik, siswa-siswi SMP Negeri 4 Karanganyar sering mendapatkan kejuaraan dalam Lomba Pramuka, antara lain pada tahun 2019 mengikuti Lomba di SMA Negeri 2 Karanganyar.

Adapun kejuaraan itu antara lain :

  1. Juara 1 Lomba Perkusi dalam kegiatan Baden Powell Day VI Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Karanganyar yang di selenggarakan tanggal 23 – 24 Februari 2019 di SMA Negeri 2 Karanganyar. Siswa yang ikut lomba Perkusi itu antara lain : Muhammad Raihan, Imam Firdaus, R.M Ivan Mustofa, Revalina DEwi Roshinta, Nayshella Hanifah, Dhea Puspitasari, Hesti Lestariani, Hannifah Lukita Maulani.
  2. Juara 2 Lomba Pionering Putri, yaitu Revalina Dewi Roshinta, Rnyta Andriana, Dhea Puspitasari.
  3. Juara 1 Lomba Mading 3D Putra, antara lain : Laksito Adnan P, Muhammad Raihan.
  4. Juara 3 Lomba Mading 3D Putri yaitu Renyta Andriana, Hannifah Lukita Maulani.
  5. Juara 2 Scout Exam Competition Putri, siswa yang mengikuti adalah Vella Azahra, Maritza Runindita, Nayshella Hanifah.
  6. Juara 2 Lomba Gasing Panggal Putri yaitu Hesti Lestariani.

Kemudian secara umum SMP Negeri 4 Karanganyar juga mendapatkan Juara Umum 2 Tingkat Penggalang.

Demikianlah tentang kegiatan pramuka di SMP Negeri 4 Karanganyar harap menjadikan perhatian dan kedepan mudah-mudahan SMP Negeri 4 Karanganyar tetap maju dalam segala bidang baik di bidang Akademik ataupun di bidang sosial budaya.