OSIS Sebagai Organisasi Kesiswaan


Logo OSIS

Siswa merupakan salah satu elemen yang menjadi sasaran Sekolah Penggerak. Sekolah Penggerak melibatkan kepala sekolah, guru, dan organisasi penggerak untuk bersama-sama mewujudkan siswa yang senang belajar, berakhlak mulia, kritis,kreatif, dan kolaboratif (gotong-royong) sebagai bagian dari kecakapan abad ke-21.

Dengan demikian, OSIS menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan siswa dan sekolah. Terlebih lagi sebagai wadah, OSIS menjadi satu-satunya tempat bagi siswa untuk berkolaborasi membina diri dan mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

Untuk mewujudkan sekolah penggerak, OSIS juga harus bergerak. Mulai dari berkolaborasi dan mengagendakan latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, wawasan wiyatamandala, hingga menanamkan motivasi dan semangat para siswa untuk melakukan kegiatan bersama-sama dengan semangat gotongroyong menuju Indonesia Maju.

Dalam melakukan hal tersebut, OSIS sebagai organisasi kesiswaan memiliki banyak fungsi serta manfaat, misalnya sebagai tempat memberdayakan siswa melalui berbagai program kegiatan di luar proses pembelajaran dan menjadi motivator yang mampu memotivasi siswa untuk menjadi organisatoris dalam mewujudkan siswa yang senang belajar, berakhlak mulia, kritis, kreatif, dan kolaboratif.

Masih banyak OSIS yang belum berfungsi sebagai organisasi penggerak. Hal itu terlihat dari masih banyak OSIS yang hanya fokus belajar selama di sekolah. Peran strategis yang harus dilakukan seorang siswa adalah mewujudkan peradaban suatu bangsa. Dengan demikian, kualitas seorang siswa, terutama dalam berorganisasi dan bergerak sangat menentukan masa depan suatu bangsa.

Seorang penggerak adalah pelaku utama dalam setiap gerakangerakan yang diciptakannya. Karakter wajib yang harus dimiliki siswa adalah karakter penggerak yang pada akhirnya akan membentuk diri siswa menjadi pemimpin bangsa di masa depan.


Sumber :

Buku OSIS Sebagai Wadah Siswa Penggerak Jenjang SMP
Diterbitkan oleh :
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI
Tahun 2020