Sejarah Permainan Futsal


Sejarah Permainan Futsal

Futsal saat ini menjadi olahraga permainan populer dan sangat diminati oleh siswa SMP serta menjadi kegiatan ekstrakurikuler favorit di sekolah. Hal ini dikarenakan olahraga permainan futsal sangat mudah dimainkan dan tidak membutuhkan lapangan yang luas, sehingga dapat dimainkan di halaman sekolah. Permainan dapat dilakukan dengan jumlah orang yang lebih sedikit dibandingkan dengan sepak bola. Waktu yang dipergunakan juga tidak terlalu lama.


Sejarah Futsal Dunia

Diciptakan oleh seorang guru olahraga dari Negara Uruguay, yang bernama Juan Carlos Ceriani Gravier pada tahun 1930. Pada saat itu Juan Carlos akan mengajar sepak bola, tetapi keadaan sedang hujan deras. Akhirnya, Juan Carlos membawa murid-muridnya untuk latihan di dalam sebuah ruangan. Karena ruangan terlalu kecil, ia membagi menjadi kelompok tim kecil. Setiap kelompok berisikan lima orang, kemudian mereka bermain sepak bola lima lawan lima secara bergantian. Cara bermainnya persis seperti permainan futsal saat ini.

Sejarah futsal di Negara Italia dikenal sejak 1950-an. Futsal merambah ke negara tersebut diawali oleh seorang pemain sepak bola dari Amerika Latin yang ketika itu bermain di Liga Seri A Italia. Futsal dimainkan oleh mereka ketika ada waktu luang, sehingga permainan futsal pun menjadi semakin populer, diminati, dan dimainkan juga oleh masyarakat luas di Italia.

Di Spanyol, futsal berkembang jauh lebih pesat bila dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Hal tersebut dikarenakan gaya dan cara bermain sepak bola di Spanyol mirip dengan di sejumlah Amerika Latin. Masyarakat di negara-negara tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajari permainan tersebut.

Di Inggris, permainan futsal sudah sering dilakukan oleh para pemain sepak bola di atas lapangan yang berumput dengan jumlah pemain enam lawan enam. Olahraga futsal di negara ini berkembang pesat, sehingga lahirlah Turnamen Futsal yang didukung oleh LONDON EXPRESS, sebuah harian terkenal di London.

Di Brazil, futsal sangat diminati oleh masyarakat sehingga maju pesat. Di negara ini lahirlah aturan futsal yang hampir sama dengan peraturan yang diterapkan saat ini. Setelah standar dan aturan futsal sudah ditetapkan, futsal semakin maju, bahkan ke seluruh penjuru dunia.


Sejarah Organisasi Futsal Dunia

Kompetisi internasional Futsal diadakan pertama kali pada 1965 dan Paraguay yang menjadi juaranya. Di tahun berikutnya sampai 1979, Brazil mendominasi dan juga memenangkan Piala Pan America untuk pertama kalinya di 1980 dan 1984.

Federación Internacional de Fútbol de Salón (FIFUSA) atau Federasi Futsal Internasional dibentuk pada tahun 1971. Sejak terbentuknya organisasi Futsal tersebut, perkembangan futsal semakin pesat di seluruh dataran Amerika, Eropa, Asia, dan Afrika. Setelah terbentuk FIFUSA, selanjutnya diselenggarakan kompetisi futsal pertama kalinya pada 1982 di Brazil.

Keberadaan Futsal sangat berperan dalam memajukan persepakbolaan dunia, sehingga pihak FIFA tertarik untuk menaungi futsal menjadi bagian dari olahraga sepak bola, termasuk mengadakan kejuaraan dunia futsal.


Sejarah Futsal Indonesia

Futsal masuk ke Indonesia sekitar 1998 dan di 2000-an futsal mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Olahraga futsal dikenalkan di Indonesia oleh Justin Laksana. Sejak saat itu, futsal mulai berkembang dengan ditandai banyak berdirinya sekolah futsal di seluruh Indonesia. Pada tahun 2002 AFC meminta Indonesia untuk menyelenggarakan kejuaraan Piala Asia pertama kalinya di Indonesia. Ronny Pattinasarany merupakan pejuang sepak bola yang telah banyak terlibat dalam pembinaan pemain futsal usia muda. Wujud cintanya dalam dunia olahraga futsal tanah air, dibuktikan dengan mendirikan Badan Futsal Nasional (BFN).

Federasi Futsal Indonesia (FFI) adalah badan resmi di bawah PSSI yang menangani futsal di Indonesia. FFI merupakan perubahan nama dari AFI (Asosiasi Futsal Indonesia) yang sebelumnya dibentuk karena pembubaran BFN. FFI bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi besar futsal di tingkat nasional di Indonesia.

Liga Futsal Profesional Indonesia dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo. FFI mengadakan Kongres Tahunan Futsal pada 30 November 2017. Kongres ini dihadiri oleh 34 Asosiasi Futsal Provinsi dan 12 klub futsal pria profesional dan delapan klub liga wanita profesional. Hingga saat ini, sebanyak 11 kompetisi telah diadakan sejak musim 2006-2007.

Pertama kali bermain di kejuaraan AFC pada tahun 2002, Indonesia tidak lolos di babak penyisihan. Berbeda dengan kejuaraan AFF, sejak 2003, Indonesia selalu memegang posisi tiga teratas. Akhirnya, pada 2010 Indonesia memenangkan kejuaraan. Para punggawa Indonesia berhasil memenangkan AFF Futsal Club Cup 2016 dengan skor 5-4 atas Thailand Khong Kaen FC.


Peringkat Futsal Indonesia

  • Tahun 2018 Indonesia berada di peringkat ke-56. Sementara perwakilan Asia Tenggara yang berhasil menduduki 20 posisi teratas hanya dua negara, yaitu Jepang dan Thailand.
  • Tahun 2019 Peringkat futsal Indonesia di dunia naik ke-47 dunia. Tim futsal Indonesia masuk babak final di piala AFF, sedangkan di tingkat Asia, Indonesia menduduki peringkat 10.
  • Tahun 2020 Indonesia diperingkat 45 dunia di Februari, namun turun kembali ke peringkat 47 di Mei 2020.

Sumber:
Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal Jenjang SMP
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Tahun 2020