Rancangan Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal


Penyelenggaraan ekstrakurikuler futsal untuk menampung bakat dan minat peserta didik di satuan pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik apabila proses pembinaan diselenggarakan melalui tahapan berikut ini.

Rancangan Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal

1. Sosialisasi Program Ekstrakuriluker Futsal

Sosialisasi pelaksanakan program ekstrakurikuler cabang olahraga futsal bisa menggunakan papan pengumuman/ mading sekolah/ kelas, surat edaran sekolah/ OSIS, media sosial whatsapp, facebook, instagram, dll. Dalam sosialisasi ini ditetapkan kapan akan dilaksanakan seleksi, jumlah peserta yang akan diterima, dan jadwal latihan.

2. Penetapan Pelatih Ekstrakurikuler Futsal

Penetapan pelatih pada program ekstrakurikuler futsal dapat melalui penunjukkan langsung oleh pembina ekskul futsal kepada guru PJOK yang memiliki sertifikat pelatihan sebagai pelatih futsal dari Asosiasi Futsal Daerah atau Nasional. Penetapan pelatih juga dapat dilakukan melalui seleksi dengan membuat pengumuman di media sosial, dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pembina ekskul futsal sekolah.

3. Seleksi Peserta Ekstrakurikuler Futsal

  1. Instrumen seleksi peserta ekskul futsal
    • Tes Kebugaran Jasmani, meliputi :
      • tes daya tahan aerobik dengan Harvard step test
      • tes kecepatan dengan lari 30 meter
      • tes kelincahan dengan Dodging run test
      • tes daya ledak dengan lompat tegak
      • tes kelenturan dengan tes sit and reach
    • Tes Keterampilan Dasar Futsal
  2. Pelaksanaan seleksi peserta futsal
    Menetapkan hari dan jam pelaksanaan seleksi penerimaan peserta pembinaan ekskul futsal. Seleksi dapat dilakukan beberapa hari sesuai dengan jumlah calon peserta pembinaan ekskul futsal. Upayakan pelaksanaan seleksi peserta pembinaan ekskul futsal dilakukan di luar jam pelajaran sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

4. Pengumuman Hasil Seleksi Peserta Ekstrakurikuler Futsal

Pengumuman hasil seleksi ekskul futsal dapat menggunakan papan pengumuman/ mading sekolah/ kelas, surat edaran sekolah/ OSIS, media sosial (whatsapp, facebook, instagram, dll). Pengumuman peserta ekskul harus setidaknya mencantumkan data yang lengkap meliputi nama, NIS, dan kelas.

5. Pelaksanaan Progran Ekstrakurikuler Futsal

  1. Jadwal Latihan
    Pelaksanaan pembinaan ekskul futsal SMP dilakukan di luar jam pelajaran. Bagi sekolah yang masuk pagi, latihan dilaksanakan pada sore hari. Bagi sekolah yang masuk sore, latihan ekskul futsal dilaksanakan pada pagi hari. Jumlah hari latihan bisa 1 - 3 kali dalam satu minggu.
  2. Program Latihan
    Pelatih yang telah ditetapkan sekolah harus memiliki program latihan. Pelatih harus menyusun program latihan secara berkala dan periodiK sesuai target yang ditetapkan. Penyusunan program latihan disesuaikan dengan jadwal latihan yang ditetapkan, sehingga dapat berjalan baik.

6. Try out/Uji coba

Pelaksanaan program ekskul futsal tidak hanya fokus kepada latihan teknik dan fisik belaka, tetapi juga latih tanding atau uji coba (try out). Latih tanding akan memberikan manfaat bagi pelatih maupun atlet. Bagi pelatih dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi pada pelaksanaan program latihan yang sudah disusun, sedangkan bagi atlet/peserta ekskul futsal dapat dijadikan pengalaman sebagai tolak ukur individu maupun tim, serta akan dapat melatih mental bertanding. Pelatih di dalam program latihan futsal harus menentukan kapan latih tanding di kandang maupun di luar kandang.

7. Kompetisi

Pembinaan ekskul futsal tentu saja tidak hanya untuk pembinaan dalam peningkatan karakter dan rutinitas sekolah saja. Akan tetapi, pembinaan ekskul futsal yang dilakukan oleh sekolah juga harus memiliki tujuan menuju prestasi di suatu kompetisi, misalnya kompetisi berjenjang antarsekolah. Menjadi juara akan memiliki arti sendiri bagi perkembangan mental pemain. Kompetisi berjenjang antarsekolah yang dapat diikuti tentunya bisa dimulai dari:

  1. Tingkat Kecamatan
  2. Tingkat Kabupaten
  3. Tingkat Provinsi
  4. Tingkat Nasional

8. Penilaian Hasil Latihan Peserta Ekskul Futsal

Penilaian peserta ekskul dilaksanakan sebagai bagian penting dari proses pembelajaran dan latihan. Keberhasilan kegiatan ekskul ditentukan oleh keberhasilan siswa dalam menguasai kompetensi sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan sekolah. Pada kegiatan ekskul futsal, kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan dalam kegiatan tersebut. Analisis penilaian dan evaluasi keberhasilan dilakukanan secara kualitatif.

Format Penilaian Harian Peserta Ekskul Futsal

format penilaian ekskul futsal

Sumber:
Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal Jenjang SMP
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Tahun 2020