Begini Cara Reset Password BIOS Laptop ASUS


Begini Cara Reset Password BIOS Laptop ASUS

Baru saja selesai merepair laptop ASUS milik teman yang tidak bisa masuk ke Windows gara-gara lupa password BIOS. Kalau lupa password account windows bisa saja pakai aplikasi Passcape sebagai solusinya atau bisa langsung hajar dengan clean install, tapi ini password BIOS laptop, bro. Seperti sobat tahu kalo laptop ASUS yang dipasangkan dengan Windows 10, akan sulit untuk mengakses BIOS karena kecepatan Fast Startup Windows Modern ini sangat tinggi.

Sudah pakai cara pencet tombol dan secara bersamaan seperti membuka BIOS Satellite L645, juga kagak berhasil untuk masuk ke BIOS. Terpaksa deh buka casing ASUS X455LA yang masih baru untuk melakukan clear CMOS. Tapi apa mau dikata ternyata pada board laptop tidak ada baterai CMOS layaknya motherboard PC desktop. Jumper clear CMOS pun tidak nongol.

Kebetulan ASUS X455LA ini pakai baterai polymer yang menyatu di dalam casing dan tanpa pikir panjang langsung cabut aja konektornya. Siapa tahu nanti CMOS juga akan clear dengan sendirinya, pikirku begitu.

Sebetulnya setiap vendor laptop menyediakan kode tertentu untuk recovery password BIOS. Caranya dengan menekan kombinasi tombol Alt + R dan akan terlihat tanggal default. Laptop ini setelah ane tekan Alt + R muncul tanggal 2016/01/30. Nyatanya kagak ada kode untuk tanggal ini.

Setelah casing laptop dibenahi dan kabel-kabel dipasang terus dihidupkan, dan kembali tekan Alt + R ... eiitt, tanggalnya berubah menjadi 2009/01/01. Jadi ... baterai polymer yang dilepas tadi bisa mengubah setting tanggal BIOS ke default. Tanpa ba-bi-bu ane masukin kode 1BLDABLA terus tekan Enter. BIOS-pun bisa dibuka kembali dan kita bisa setting password lagi.

Mungkin sobat bertanya-tanya dari mana kode recovery password BIOS 1BLDABLA ini? Nich ane dapetin dari pastebin.com, di situ ditulis tanggal dan kodenya. Silakan sobat mampir ke sana.

Kesimpulannya, anda bisa reset password BIOS laptop ASUS dengan cara :

  1. Tekan kombinasi +
  2. Masukkan kode recovery
  3. tekan dan masuk ke setting BIOS

Artikel ini mungkin agak kacau dan bolak-balik, yach karena saking senangnya menemukan ilmu baru. Oh... ya alamat pastebinnya di sini :

http://pastebin.com/L3c3rySj


Sumber : sinau-belajar