Tata Krama Peserta Didik


Tata Krama Peserta Didik

A. Pengertian

Secara harfiah tata krama terdiri dari dua kata yaitu tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma atau peraturan. Sedangkan krama berarti cara, langkah, tindakan, kelakuan atau perbuatan yang baik. Dengan demikian tata krama adalah tata cara, sopan santun, tata susila. Sebutan lain dari tata krama adalah etiket atau etika. Keduanya berasal dari yunani kuno yaitu ethikos dan ethos berarti cara yang baik, kesusilaan, tata krama.

Tata krama terdapat dan diperlakukan dimana saja, dahulu sekarang dan yang akan datang. Pengalaman menunjukkan bahwa tata krama dapat menciptakan kebaikan, keselarasan, kedamainaan, kebahagiaan dan keselamatan. Perwujudan tata krama dalam pergaulan khususnya bagi pelajar ada 3 yaitu:

  1. Tata krama di dalam keluarga
  2. Keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam pembentukan jati diri dan kepribadiaan seseorang yang berhubungan langsung dengan anggota keluarga. Contoh:

    1. Menghormati orang tua dan melaksanakan perintahnya dengan baik
    2. Menyambut ajakan orang dengan wajah riang dan gembira
    3. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda
    4. Bila diajak bicara harus memperhatikan
    5. Minta ijin pada orang tua sebelum berangkat sekolah
    6. Mengucapkan salam bila masuk dan keluar rumah
  3. Tata krama di lingkungan sekolah

  4. Sekolah merupakan tempat bersosialisasi penting bagi anak dalam lembaga formal yang memiliki aturan yang harus dipatuhi. Contoh:

    1. Bersikap sopan pada guru dan karyawan
    2. Mengucapkan salam bila bertemu guru, karyawan dan teman
    3. Saling menghargai antar teman
    4. Mematuhi tata tertib sekolah
  5. Tata krama di lingkungan masyarakat

  6. Sebagai kontrol sosial yang berangkat dari kebiasaan, adat istiadat dan norma disebabkan dalam masyarakat merupakan tempat bertemunya berbagai lapisan masyarakat yang berbeda latar belakang serta budayanya. Contoh:

    1. Mengucapkan salam apabila bertemu orang yang lebih tua, saudara dan teman
    2. Membiasakan mengetuk pintu bila bertamu
    3. Tata cara makan untuk menikmati hidangan
    4. Saling menolong sesama tetangga
    5. Menghargai saran dan pendapat orang lain

B. Komunikasi Dalam Pergaulan

Komunikasi adalah proses pertukaran pesan yang dikirimkan seseorang kepada satu atau lebih penerima secara sadar dengan maksud untuk mempengaruhi tinngkah laku si penerima. Pesan yang dikirim bias berbentuk bahasa verbal atau kata-kata, dan dalam bentuk non verbal seperti ekspresi wajah, gerakan tubuh, penggunakan jarak mendekat atau menjauh, sentuhan, pakaian dan segala sesuatu yang dianggap memiliki makna.

Kunci pokok keberhasilan komunikasi dalam pergaulan sehari-hari adalah:

  1. Perlakukan orang lain sebagaimana kita diperlakukan
  2. Menyadari adanya perbedaan setiap individu
  3. Perlu membuka diri agar tidak tertutup
  4. Memupuk rasa percaya dan rela berkorban

Bentuk komunikasi meliputi:

  1. Berbicara
  2. Surat
  3. Telepon
  4. Kartu ucapan
  5. Karangan bunga
  6. Internet

C. Jenis-jenis Tata Krama

Secara garis besar ada beberapa jenis tata krama yang erat kaitanya dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  1. Tata krama berbicara
  2. Dalam berbagai hubungan antar manusia diperlukan pembicaraan antar sesama manusia. Tata krama dalam pembicaraan diantaranya sebagai berikut:

    1. Dengan siapa kita berbicara
    2. Menggunakan kalimat yang tepat
    3. Tempat dimana pembicaraan dilakukan
    4. Sikap ketika kita berbicara

    Hal-hal yang perlu dihindari, antara lain:

    1. Memotong pembicaraan orang lain
    2. Menguasai pembicaraan
    3. Tidak menatap atau memandang lawan bicara
    4. Tidak menghiraukan pembicaraan teman yang berbicara
  3. Tata krama pergaulan

  4. Beberapa hal yang penting dalam etika bergaul, antara lain:

    1. Siapa yang dihadapi (teman, orang tua, guru)
    2. Tempat dimana pergaulan itu berlangsung
    3. Bagaimana cara kita bersikap dan bertingkah laku

    Beberapa bentuk etika pergaulan yang baik, yaitu:

    1. Memberi salam ketika bertemu seseorang yang kita kenal
    2. Perhatian terhadap orang lain
    3. Mengetuk pintu sebelum memasuki rumah orang lain
    4. Mengucapkan terimakasih setelah menerima bantuan dari orang lain
    5. Rendah hati, tidak menang sendiri
    6. Mohon maaf ketika melakukan kesalahan
    7. Siap member bantuan sesuai kemampuan
    8. Sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungan
    9. Melakukan perintah dengan lapang dada
  5. Tata krama dalam penampilan

    1. Rapi, pantas dan sederhana
    2. Cara berpakaian disesuaikan dengan waktu dan tempat
    3. Pilih pakaian yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit
    4. Jangan asal mengikuti mode, karena belum tentu mode yang berlaku sesuai dengan keadaan