Asesmen Numerasi Mata Pelajaran Non-Matematika


Asesmen Numerasi Mata Pelajaran Non-Matematika

A. Asesmen Non Kognitif

Guru non-matematika tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan asesmen numerasi di dalam mata pelajarannya karena memang bukan merupakan tujuan dari mata pelajaran tersebut. Namun guru non-matematika dapat terlibat pada saat melakukan asesmen non kognitif melalui observasi perilaku peserta didik dengan memperhatikan dan mencatat apa yang peserta didik katakan dan lakukan di dalam kelas.

Dua aspek yang berkaitan dengan numerasi yang perlu diperhatikan ketika mengobservasi peserta didik, yaitu kemampuan numerasi, dan disposisi atau sikap dari peserta didik. Berikut rubrik yang dapat digunakan untuk menilai kedua aspek tersebut.

KeterampilanYaTidakCatatan
Penalaran Matematika
  1. Peserta didik memahami keterampilan matematika yang dibutuhkan
  2. Peserta didik menggunakan strategi yang sesuai untuk menemukan jawaban
  3. Peserta didik mencapai solusi yang benar
  4. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana jawaban didapat
Penggunaan Alat Matematika
  1. Peserta didik memilih alat yang sesuai dengan permasalahan
  2. Peserta didik dapat menjelaskan alasan pemilihan alat
  3. Peserta didik menggunakan alat dengan sesuai
  4. Peserta didik mendapatkan hasil penggunaan alat yang akurat atau tepat

Untuk menilai disposisi (yaitu kualitas yang melekat pada pikiran dan karakter seseorang yang mencakup sikap dan/atau kepercayaan) termasuk rasa percaya diri, keluwesan (fleksibilitas), inisiatif dan risiko, guru dapat menggunakan rubrik berikut ini pada saat mengobservasi peserta didik ketika mereka mengerjakan pekerjaan/tugas numerasi.

KeterampilanYaTidakCatatan
  1. Peserta didik tampak terlibat dalam pembelajaran
  2. Peserta didik tampak bersemangat dan menikmati apa yang dilakukan
  3. Peserta didik mencoba pendekatan yang berbeda (termasuk alat yang berbeda) untuk menangani tugas, dalam upaya menemukan jawaban (fleksibel)
  4. Peserta didik mencari informasi tambahan dan siap untuk mencoba sesuatu yang baru atau tidak diketahui (mengambil risiko)

B. Asesmen Diri Peserta Didik

Lingkari kata (satu atau lebih) yang menggambarkan bagaimana perasaanmu ketika sedang mengerjakan tugas. Selanjutnya peserta didik dapat menambahkan kata lain pada daftar yang menjelaskan perasaanmu.

senangtidak bahagiamantapbodoh
pintarbingungsemangattertarik
tidak terlibatantusiastertekanfrustasi
khawatirbosanpuas

Lingkari kata (satu atau lebih) yang menggambarkan tugas tersebut. Selanjutnya peserta didik dapat menambahkan kata lain pada daftar yang menjelaskan perasaanmu.

menyenangkanmenantangsusah
sangat mudahmengecewakansama seperti biasanya
mengasyikkanmembosankan
menarikberbeda

Sumber :
Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi
Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021