Ruang Lingkup Materi Pendidikan Agama dalam Standar Isi


Ruang lingkup materi dalam standar isi merupakan bahan kajian dalam muatan pembelajaran. Ruang lingkup materi pada pendidikan anak usia dini dirumuskan berdasarkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

Sedangkan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, ruang lingkup materi dirumuskan berdasarkan pada muatan wajib, konsep keilmuan, dan jalur, jenjang, serta jenis pendidikan.

Berikut ini adalah ruang ringkup materi Pendidikan Agama untuk SMP/ MTs/ SMPLB/ Paket B/ bentuk lain yang sederajat.


A. Pendidikan Agama Islam

Adapun ruang lingkup materi Pendidikan Agama Islam meliputi:

  • Al-Qur'an dan hadis meliputi ayat-ayat dan hadis pilihan tentang tema tertentu
  • Akidah meliputi rukun iman dan hal-hal yang dapat meneguhkan iman
  • Akhlak meliputi akhlak terhadap Allah Swt., rasul, sesama, dan lingkungan
  • Fikih meliputi ketentuan ibadah wajib dan sunah, rukhsah, serta penyembelihan hewan
  • Sejarah peradaban Islam meliputi sejarah peradaban pasca khulafaurasyidin

B. Pendidikan Agama Kristen

  1. Allah Berkarya
    • Allah Pencipta meliputi: iptek, perubahan manusia, gereja, dunia
    • Allah Pemelihara meliputi: diri pribadi, gereja, negara
    • Allah Penyelamat meliputi: Yesus Kristus, dosa, pengampunan, keselamatan
    • Allah pembaharu meliputi: Roh Kudus, pembaharuan hidup
  2. Manusia dan Nilai-nilai Kristiani
    • Hakikat manusia meliputi: Ajaran iman, fenomena sosial
    • Nilai-nilai Kristiani meliputi: nilai utama dalam Galatia 5:22-26, keputusan etis
  3. Gereja dan Masyarakat Majemuk
    • Gereja meliputi: Pelayanan, Pendidikan, Pembaharuan
    • Masyarakat majemuk meliputi: Dialog, moderasi beragama
  4. Alam dan Lingkungan Hidup
    • Alam meliputi: ekosistem, relasi manusia dan alam
    • Tanggung jawab manusia meliputi: konsep dan praktik hidup berpihak pada keselamatan dan pelestarian alam dan manusia

C. Pendidikan Agama Katolik

  1. Pribadi Peserta Didik
    • manusia sebagai citra Allah yang unik, sebagai perempuan atau sebagai laki-laki dan bersyukur atas kebaikan Tuhan serta bersosialisasi dengan sesama dengan percaya diri
    • Manusia memiliki kemampuan dan keterbatasan
    • Peran sesama dalam mengembangkan diri
    • Cita-cita hidup menjadi kekuatan untuk pengembangan diri untuk mencapai cita-cita hidupnya
  2. Yesus Kristus
    • Inti iman Katolik adalah iman akan Yesus Kristus
    • Mengenal pribadi Yesus Kristus sebagai teladan dalam upaya mengembangkan diri
    • Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui pengajaran dan tindakan-Nya
    • Peran Roh Kudus dalam Gereja yang menjadi daya hidup masing-masing pribadi maupun Gereja hingga saat ini
  3. Gereja
    • Hakikat Gereja sebagai persekutuan (komunitas) orang percaya akan Yesus
    • Gereja dipanggil menjadi tanda yang nyata kehadiran Allah yang menyelamatkan
    • Pelayanan Gereja, baik secara sakramental maupun dalam pelayanan manusiawi
    • Hak dan kewajiban sebagai anggota Gereja, kita dipanggil untuk terlibat aktif dalam kehidupan Gereja dan pelayanannya
  4. Masyarakat
    • Hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat, kita dipanggil untuk melaksanakan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab dalam kebebasan sebagai anak-anak Allah
    • Nilai hidup bersama, hormat terhadap martabat manusia, hormat terhadap kehidupan, keadilan dan kejujuran
    • Toleransi dalam hidup bersama, keberagaman masyarakat Indonesia merupakan anugerah Allah, berdialog dan bertoleransi dapat menciptakan persaudaraan sejati
    • Tanggung jawab terhadap lingkungan alam, setiap anggota masyarakat bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan lingkungan alam sekitar demi hidup yang lebih nyaman

D. Pendidikan Agama Hindu

  • Kitab Suci Weda yang meliputi: Upaweda, Wedangga, dan Nibandha
  • Sraddha dan Bhakti yang meliputi: Atman, Asta Aiswarya, dan Catur Marga
  • Susila yang meliputi: Tri Hita Karana, Catur Purusa Artha, Panca Yama Brata dan Panca Niyama Brata
  • Acara yang meliputi: Upakara, Dharma Gita, serta Budaya Hidup Bersih dan Sehat menurut Weda
  • Sejarah Agama Hindu yang meliputi: Sejarah Perkembangan Agama Hindu di Asia

E. Pendidikan Agama Buddha

  • Sejarah tentang sifat-sifat dan siswa utama Buddha Sakyamuni, para penyokong Buddha, tokoh Buddhis inspiratif, dan Buddha Sakyamuni Parinibbāna
  • Ritual tentang meditasi hidup berkesadaran, hari-hari raya, tempat-tempat ziarah, tradisi Agama Buddha di Indonesia
  • Etika tentang moralitas, jalan Bodhisattva, dan Hukum Kebenaran Mutlak

F. Pendidikan Agama Khonghucu

  • Keimanan meliputi Tiān (天), Nabi Kŏngzĭ (孔子), dan watak sejati (xìng 性)
  • Kitab Suci meliputi Kitab Sìshū (四书), Kitab Wŭjīng (五经), ayat suci tentang wŭcháng (五常) dan wŭlún (五伦)
  • Tata Ibadah meliputi ritual keagamaan kepada Tiān (天), dì (地) dan rén (人)
  • Perilaku Junzi meliputi Dìziguī (弟子规), wŭcháng (五常), delapan kebajikan (bādé 八德), cintai tanah air, bangsa, dan negara
  • Sejarah Suci meliputi wahyu, keteladanan murid nabi Kongzi dan orang-orang besar, kehidupan beragama dan bernegara

Sumber: Permendikbudristek No. 8 Tahun 2024