Keterkaitan Pengalaman Belajar, Prinsip Pembelajaran, dan Adaptasi Model Pembelajaran Inkuiri


Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) tidak lepas dari 3 komponen, yaitu pengalaman belajar, prinsip belajar dan adaptasi model pembelajaran inkuiri. Berikut ini adalah keterkaitan 3 komponen tersebut.

  1. Memahami (Berkesadaran, Bermakna)
    • Orientasi
    • Guru memberikan stimulus untuk membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik dan mulai mengidentifikasi topik yang akan dieksplorasi (kaitkan dengan pengetahuan esensial, aplikatif, nilai dan karakter).

    • Merumuskan Masalah
    • Peserta didik mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan yang akan dijawab dalam proses inkuiri dan guru membimbing peserta didik untuk menyusun hipotesis atau dugaan awal.

  2. Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)
    • Pengumpulan Data
    • Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, seperti eksperimen, observasi, wawancara, atau literatur dan mencari pola atau hubungan antar konsep (menggunakan sumber lingkungan sekitar).

    • Pengolahan dan Analisis Data
    • Peserta didik mengorganisasi dan menafsirkan data yang telah dikumpulkan, menggunakan berbagai teknik analisis, seperti diskusi kelompok, pemetaan konsep, atau pembuatan grafik.

    • Menarik Kesimpulan
    • Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil analisis, sertamenjelaskan temuan dan menghubungkannya dengan konsep atau teori yang relevan (pendalaman pengetahuan).

    • Komunikasi
    • Peserta didik menyampaikan hasil temuannya melalui presentasi, laporan tertulis, atau diskusi kelas.

  3. Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)
    • Refleksi
    • Melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran: apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan bagaimana meningkatkan pemahaman lebih lanjut, serta guru memberikan umpan balik konstruktif untuk memperkaya pengalaman belajar pesertadidik (stimulasi regulasi diri).

    • Aplikasi dan Tindak Lanjut
    • Peserta didik menerapkan hasil pembelajaran dalam konteks nyata atau proyek lanjutan dan mendorong eksplorasi lebih lanjut untuk memperdalam pemahaman konsep.


Sumber: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2025