Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) tidak lepas dari 3 komponen, yaitu pengalaman belajar, prinsip belajar dan adaptasi model pembelajaran inkuiri. Berikut ini adalah keterkaitan 3 komponen tersebut.
- Memahami (Berkesadaran, Bermakna)
- Orientasi
- Merumuskan Masalah
- Mengaplikasi (Bermakna, Menggembirakan)
- Pengumpulan Data
- Pengolahan dan Analisis Data
- Menarik Kesimpulan
- Komunikasi
- Merefleksi (Berkesadaran, Bermakna)
- Refleksi
- Aplikasi dan Tindak Lanjut
Guru memberikan stimulus untuk membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik dan mulai mengidentifikasi topik yang akan dieksplorasi (kaitkan dengan pengetahuan esensial, aplikatif, nilai dan karakter).
Peserta didik mengidentifikasi dan merumuskan pertanyaan yang akan dijawab dalam proses inkuiri dan guru membimbing peserta didik untuk menyusun hipotesis atau dugaan awal.
Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, seperti eksperimen, observasi, wawancara, atau literatur dan mencari pola atau hubungan antar konsep (menggunakan sumber lingkungan sekitar).
Peserta didik mengorganisasi dan menafsirkan data yang telah dikumpulkan, menggunakan berbagai teknik analisis, seperti diskusi kelompok, pemetaan konsep, atau pembuatan grafik.
Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil analisis, sertamenjelaskan temuan dan menghubungkannya dengan konsep atau teori yang relevan (pendalaman pengetahuan).
Peserta didik menyampaikan hasil temuannya melalui presentasi, laporan tertulis, atau diskusi kelas.
Melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran: apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi, dan bagaimana meningkatkan pemahaman lebih lanjut, serta guru memberikan umpan balik konstruktif untuk memperkaya pengalaman belajar pesertadidik (stimulasi regulasi diri).
Peserta didik menerapkan hasil pembelajaran dalam konteks nyata atau proyek lanjutan dan mendorong eksplorasi lebih lanjut untuk memperdalam pemahaman konsep.
Sumber: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2025