Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021


Asesmen Nasional dilaksanakan menggunakan sistem komputer baik secara online maupun semi-online sehingga sering disebut sebagai ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). ANBK ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan bagi tiap satuan pendidikan.

Asesmen Nasional sendiri terdiri dari 3 (tiga) instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi-Numerasi, Survei Karakter, dan juga Survei Lingkungan Belajar. Keseluruhan instrumen ini kelak akan bisa menggambarkan kondisi mutu pendidikan sekolah.

Salah satu instrumen ANBK adalah AKM Literasi-Numerasi. Instrumen ini dirancang melalui soal-soal terkait literasi dan numerasi. Dalam aspek literasi, AKM menilai kemampuan literasi yang mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi. Sedangkan dalam aspek numerasi, AKM mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Jenis Soal ANBK 2021

  1. Pilihan Ganda
  2. Dalam jenis soal pilihan ganda, peserta ujian akan diberikan sebuah pertanyaan dengan pilihan jawaban berganda. Peserta ujian hanya diperbolehkan memilih satu jawaban yang diyakini benar.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021

  3. Pilihan Ganda Kompleks Benar atau Salah
  4. Pada jenis ini, satu soal terdapat beberapa pernyataan dimana peserta memilih pernyataan tersebut sesuai atau tidak dengan stimulus yang diberikan.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021

  5. Pilihan Ganda Kompleks lebih dari satu jawaban benar
  6. Jika pada pilihan ganda normal peserta ujian hanya akan memilih satu jawaban yang dianggap benar, pada jenis soal ini peserta dapat memilih lebih dari satu jawaban yang dianggap benar.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021

  7. Menjodohkan Jawaban
  8. Peserta diminta untuk menghubungkan kotak sebelah kiri dengan kotak sebelah kanan. Caranya dengan mengklik kotak sebelah kiri kemudian memilih pasangannya di sebelah kanan. Sebuah garis akan terbentuk yang menghubungkan kedua kotak tersebut.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021

  9. Isian Singkat
  10. Jenis soal isian singkat mengharuskan peserta ujian memasukkan jawabannya. Namun, dalam jenis soal ini peserta hanya bisa mengisi jawaban dengan angka saja.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021

  11. Uraian
  12. Pada jenis soal uraian peserta ujian akan menjawab pertanyaan dengan penjelasan. Kolom penjelasan hanya boleh memasukkan huruf, angka, karakter, spasi, dan enter saja.

    Jenis-jenis Soal Pada ANBK 2021