Dasar Permainan Bola Basket


Dasar Permainan Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia. Penggemar bola basket berasal dari segala usia, mereka merasakan bahwa permainan bola basket adalah olahraga yang menyenangkan, kompetitif, mendidik, menghibur, dan menyehatkan. Format permainan lima lawan lima menjadi bentuk permainan bola basket yang paling populer.

Dalam perkembangannya, bola basket memiliki berbagai permainan dan pertandingan menghibur untuk membantu penggemarnya mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dasar mereka.

Permainan bola basket bisa membuat hidup lebih bermakna dan memberikan kenikmatan sepanjang hayat bagi para penggemar yang memilih dan memainkan olahraga ini.

Berikut ini adalah dasar-dasar permainan bola basket, yaitu:

  1. Bola basket adalah olahraga permainan yang menggunakan bola dengan cara memasukkan bola ke dalam ring untuk mendapatkan skor terbanyak dengan waktu 10 menit x 4 periode. Pertandingan berakhir jika ada perbedaan skor setelah waktu normal atau waktu perpanjangan.
  2. Dimainkan oleh dua tim yang berbeda. Setiap tim memiliki 12 pemain, 5 (lima) berada dalam lapangan, dan 7 (tujuh) lagi berada di bangku cadangan. Pemain bisa bergantian dengan bebas atas izin wasit untuk masuk lapangan atau pada saat bola mati (keluar atau terjadi pelanggaran).
  3. Setiap pemain tidak boleh melakukan pelanggaran sebanyak 5 (lima) kali (personal foul). Jika pemain melakukan lima kali pelanggaran, maka pemain tersebut tidak boleh bermain lagi di lapangan game yang sedang berlangsung (foul out).

Sumber:
Ekstrakurikuler Basket Jenjang SMP
Kemendikbudristek 2021