Penilaian Formatif Metakognisi Sketsa Autobiografi Terfokus (Focused Autobiographical Sketches)


Metakognisi Sketsa Autobiografi Terfokus

A. Pengertian Sketsa Autobiografi Terfokus

Metakognisi Sketsa Autobiografi Terfokus (Focused Autobiographical Sketches) adalah deskripsi singkat, misal dalam hanya satu sampai tiga paragraf, tentang pengalaman keberhasilan atau kegagalan belajar siswa terkait dengan materi pembelajaran tertentu.

B. Tujuan

  1. Mengetahui cara belajar efektif siswa secara individu terkait materi pembelajaran tertentu.
  2. Mengetahui konsep diri dan kesadaran diri sebagai pembelajar dalam bidang tertentu.
  3. Memfasilitasi siswa dengan cara yang efektif untuk mengidentifikasi cara belajar yang efektif berdasarkan hasil analisis penilaian formatif.

C. Prosedur

  1. Tentukan elemen-elemen pengalaman belajar apa yang ingin difokuskan dalam sketsa.
  2. Batasi cakupan fokus dan pastikan terkait secara langsung dengan tujuan pembelajaran.
  3. Batasi sketsa pada periode belajar tertentu dan bidang tertentu. Pertimbangkan skala, bila ada, atau kriteria yang akan digunakan untuk menilai sketsa. Kemudian, pertimbangkan ulang fokus pada kriteria penilaian: Apakah masuk akal? Bila jawabannya ‘ya’, buat petunjuk yang eksplisit untuk diikuti peserta didik dalam menulis sketsa. Karena diharapkan pendek, semakin sempit cakupan, semakin baik.

D. Umpan Balik

Umpan balik dapat diberikan secara tertulis pada tulisan setiap siswa. Umpan balik ditekankan pada umpan balik terhadap ketepatan aktivitas yang dilakukan dan pada langkah-langkah penerapan strategi yang dipilih.

E. Tindak Lanjut

Berdasarkan kategorisasi pengalaman-pengalaman kesuksesan dan kegagalan belajar siswa, guru menyesuaikan tingkat pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran yang realistik sehingga siswa dapat belajar dengan lebih baik.

Contoh Sketsa Autobiografi Terfokus

Tulislah satu sampai tiga paragraf tentang pengalaman sukses belajar pengucapan dalam Bahasa Inggris. Fokuskan tulisanmu pada apa yang telah kamu lakukan dan mengapa kamu memilih strategi itu. Dan tulislah apakah kamu akan merekomendasikan strategi ini kepada siswa lain dan mengapa.


Sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/infografis-penilaian-formatif