Penilaian Formatif Metode Pembelajaran Format Umpan Balik Rancangan Guru (Teacher-Designed Feedback Forms)


Metode Pembelajaran Format Umpan Balik Rancangan Guru

A. Pengertian

Metode Pembelajaran Format Umpan Balik Rancangan Guru (Teacher-Designed Feedback Forms) adalah teknik penilaian formatif yang berupa format yang berisi tiga sampai tujuh pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda, skala Likert, atau isian singkat. Respon siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan umpan balik terhadap efektivitas sesi pelajaran tertentu untuk meningkatkan pembelajaran guru.

B. Tujuan

  1. Mengetahui umpan balik terhadap efektivitas sesi pelajaran tertentu untuk meningkatkan pembelajaran guru.
  2. Memfasilitasi siswa mengembangkan sikap meminta menerima evaluasi konstruktif dari orang lain melalui contah langsung dari guru yang meminta siswa mengevaluasi dirinya.

C. Prosedur

  1. Tulis 3 (tiga) sampai 5 (lima) pertanyaan tentang pembelajaran tertentu yang harus mendapatkan evaluasi dari siswa.
  2. Kembangkan respon-respon dengan kode tertentu, baik pilihan ganda maupun skala, untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  3. Buat satu lembar format yang disusun dengan cermat agar dapat memperoleh respon yang konstruktif dan terfokus.
  4. Agar identitas siswa tidak diketahui, minta siswa untuk menyerahkannya kepada guru lain atau memasukkannya dalam amplop dan meletakkannya di meja guru.
  5. Setelah format umpan balik dari siswa selesai dianalisis, sampaikan rangkuman hasilnya kepada siswa dan uraikan secara garis besar langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan.
  6. Lakukan refleksi dan lakukan aksi tindak lanjut penilaian.

D. Umpan Balik

  1. Cermati hasil analisis dan ambil kesimpulan terkait respon siswa terhadap pembelajaran.
  2. Lakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan hasil analisis.

E. Tindak Lanjut

  1. Setelah melakukan refleksi, segera lakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil refleksi.
  2. Bila diperlukan, setelah melakukan refleksi diri, diskusikan dengan teman sejawat untuk memperbaiki perencanaan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

Contoh Format Umpan Balik Rancangan Guru

Metode Pembelajaran Format Umpan Balik Rancangan Guru

Sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/infografis-penilaian-formatif