Survei Penilaian Diri Numerasi untuk Guru Matematika


Survei Penilaian Diri Numerasi untuk Guru Matematika

Survei penilaian diri numerasi untuk guru Matematika untuk menilai kesiapan diri dalam menerapkan penguatan numerasi dan bersifat opsional

Tujuan penilaian diri adalah untuk membantu guru mengambil peran aktif dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan mengajar (Ross & Bruce 2007). Penilaian diri mengarahkan guru menjadi lebih kritis terhadap apa yang mereka lakukan. Ini memperkuat tanggung jawab guru atas pekerjaan mereka. Selain itu, penilaian diri membantu guru untuk mengenali kekuatan dan target perkembangan mereka sendiri. Terdapat beberapa cara guru dapat melakukan penilaian diri, di antaranya melalui angket, hasil observasi, dan hasil wawancara.

Untuk mengevaluasi kesiapan numerasi, guru dapat mengisi survei penilaian diri (Goos, dkk., 2014) yang mencakup 3 (tiga) aspek berikut.

  1. Pengetahuan profesional mencakup pengetahuan mengenai peserta didik dan kebutuhan belajar numerasi mereka, pengetahuan numerasi sesuai jenjang dan mata pelajaran dan pengetahuan tentang bagaimana mendukung pembelajaran numerasi peserta didik.

  2. Atribut profesional mencakup sifat pribadi seperti ekspektasi yang tinggi bagi peserta didik untuk mengembangkan numerasi, komitmen dalam pengembangan profesional pribadi untuk meningkatkan pengetahuan numerasi dan strategi pengajarannya, dan rasa tanggung jawab dalam mengomunikasikan informasi yang tepat tentang numerasi.

  3. Praktik profesional mencakup pembentukan lingkungan belajar numerasi yang mendukung dan menantang, merencanakan pembelajaran numerasi di semua bidang kurikulum, mendemonstrasikan strategi pengajaran numerasi yang efektif dan menggunakan strategi penilaian yang memungkinkan semua peserta didik untuk mendemonstrasikan pengetahuan numerasi mereka. Gunakan rating berikut dan jawablah dengar sejujurnya. Tujuan survei ini adalah untuk mengenali kesiapan diri dan mengidentifikasi hal yang perlu dikembangkan sebagai refleksi pribadi.

  4. Rating :
    5 : sangat percaya diri
    4 : percaya diri
    3 : tidak yakin
    2 : tidak percaya diri
    1 : sangat tidak percaya diri

Sub domainDalam praktik mengajar saya, saya mampu…Rating 5 - 1
Pengetahuan profesional
Peserta didikMemahami keragaman kemampuan matematika dan kebutuhan numerasi peserta didik
Numerasi Menunjukkan pengetahuan yang baik tentang matematika yang sesuai untuk mengajar peserta didik saya
Memahami keberadaan numerasi dan perannya dalam situasi sehari-hari
Menunjukkan pengetahuan yang relevan tentang konsep utama, cara penyelidikan dan struktur matematika
Menunjukkan hubungan antara berbagai topik matematika dan antara matematika dengan disiplin ilmu lainnya
Mengenali peluang belajar numerasi lintas kurikulum
Pembelajaran numerasi peserta didik Memahami teori kontemporer tentang bagaimana peserta didik mempelajari matematika
Memiliki kumpulan strategi pengajaran kontemporer, berlandaskan teori, dan berpusat pada peserta didik
Menunjukkan pengetahuan tentang berbagai sumber daya yang sesuai untuk mendukung pembelajaran numerasi peserta didik
Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pembelajaran numerasi peserta didik
Atribut profesional
Atribut pribadi Menunjukkan disposisi (sikap) positif terhadap matematika dan pengajaran matematika
Menyadari bahwa semua peserta didik dapat belajar matematika dan menjadi numerat
Menyatakan harapan yang tinggi untuk pembelajaran matematika dan pengembangan numerasi peserta didik saya
Menunjukkan tingkat kompetensi numerasi pribadi yang memuaskan untuk mengajar
Pengembangan profesional pribadi Menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan pengajaran matematika saya
Menunjukkan komitmen untuk berkolaborasi dengan guru disiplin ilmu selain matematika untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran numerasi
Tanggung jawab komunitas Mengembangkan dan mengomunikasikan perspektif tentang numerasi di dalam dan di luar sekolah
Praktik profesional
Lingkungan belajar Mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran numerasi
Menciptakan lingkungan belajar numerasi yang mendukung dan menantang
Mendorong pengambilan risiko dan penyelidikan kritis dalam pembelajaran numerasi
Perencanaan Menekankan hubungan antara berbagai topik matematika dan antara matematika dengan disiplin ilmu lainnya
Memenuhi keragaman kemampuan matematika dan kebutuhan numerasi peserta didik
Menentukan kebutuhan belajar peserta didik dalam numerasi untuk membantu perencanaan dan implementasi pengalaman belajar
Menanamkan cara berpikir dan bekerja secara matematis dalam pengalaman belajar numerasi
Merencanakan berbagai peluang penilaian numerasi yang autentik
Pengajaran Menunjukkan berbagai strategi pengajaran yang efektif untuk pembelajaran numerasi
Memanfaatkan beberapa representasi ide matematika dalam matematika dan di bidang kurikulum lainnya
Mengurutkan alur pengalaman belajar matematika dengan tepat
Menunjukkan kemampuan untuk memaknakan matematika dan memodelkan pemikiran dan penalaran matematis
Penilaian (Asesmen) Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk menunjukkan pengetahuan numerasi mereka
Mengumpulkan dan menggunakan berbagai sumber bukti yang sahih untuk membuat penilaian tentang pembelajaran numerasi peserta didik

Sumber :
Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi
Pada Mata Pelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021