Tahapan Lengkap Memulai dan Mengerjakan Soal ANBK 2021


Pada ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer), siswa akan melewati beberapa tahapan dalam mengerjakan soal yang terdiri dari berbagai jenis soal ANBK. Apa saja tahapan tersebut? Simak uraian berikut ini.

Laman Login

Pada laman ini peserta wajib memasukkan username dan password yang didapat dari laman anbk.kemdikbud.go.id, pastikan username dan password sudah sesuai.

Setelah login, pastikan peserta membaca petunjuk pengerjaan soal secara seksama yang ada di kolom sebelah kiri. Setelah itu peserta diminta untuk memasukkan nama, tanggal lahir dan Token ANBK pada kolom Konfirmasi Data Peserta.

Untuk ANBK dengan sistem online, Token akan muncul pada pojok kiri atas. Sedangkan pada sistem semi online, Token tidak akan muncul. Kode Token didapatkan melalui proktor. Itulah perbedaan Token mode ANBK online dan semi online. Selanjutnya peserta tes menekan tombol untuk menuju halaman konfirmasi tes.

Tahapan Lengkap Memulai dan Mengerjakan Soal ANBK 2021

Mengerjakan Tes

Pada halaman Konfirmasi Tes terdapat informasi Nama tes, Status tes, Waktu tes, dan Alokasi waktu tes yang akan dikerjakan. Klik tombol untuk mengerjakan tes.

Dalam halaman tes terdapat beberapa tombol navigasi yang memiliki fungsi berbeda-beda, yaitu :

Tahapan Lengkap Memulai dan Mengerjakan Soal ANBK 2021
  1. Username, pada bagian pojok kanan atas terdapat informasi username peserta yang sedang mengerjakan soal
  2. Nomor soal, menjelaskan posisi soal yang sedang ditampilkan
  3. Pengaturan ukuran tulisan, bagian ini digunakan untuk mengubah ukuran tulisan soal di mana diberikan 3 pilihan yaitu kecil sedang dan besar
  4. Sisa waktu, menunjukkan sisa waktu yang dimiliki oleh peserta tes dalam satuan jam dan menit
  5. Daftar soal, menunjukkan daftar nomor soal
  6. Tampilan soal, bagian ini digunakan untuk menampilkan soal yang terdiri dari wacana atau stimulus pertanyaan serta pilihan atau isian jawaban
  7. Tombol sebelumnya, merupakan tombol untuk melihat soal sebelumnya
  8. Tombol ragu-ragu, tombol ini digunakan untuk menandai suatu jawaban pada nomor soal yang dianggap ragu-ragu
  9. Tombol selanjutnya, merupakan tombol untuk melihat soal berikutnya pada soal nomor dan stage terakhir tombol akan berubah menjadi tombol selesai

Pada setiap stage literasi dan numerasi ANBK, peserta akan melalui 3 (tiga) tingkatan dimana pada tingkatan pertama akan diberikan soal tingkat sedang, kemudian pada tingkatan berikutnya aplikasi akan menentukan jenis tingkatan sesuai dengan kemampuan peserta tes pada tingkatan sebelumnya.

Jika dalam menjawab soal lebih besar sama dengan 50% yang benar, maka pada stage berikutnya akan diberikan soal ke tingkat yang lebih tinggi. Sebaliknya jika jawaban benar kurang dari 50% maka akan diberikan soal ke tingkat yang lebih rendah.

Pada stage pertama ini peserta akan diberikan sebanyak 10 sampai 12 soal tergantung pada jenjang pendidikan peserta tes.


Perpindahan Stage

Setiap akan berpindah stage, maka muncul pop-up konfirmasi pindah stage. Jika peserta sudah masuk ke status kedua maka peserta tes tidak bisa lagi melihat soal pada stage pertama. Peserta hanya bisa mengerjakan soal pada stage kedua tersebut.

Nomor soal pada saat ini adalah lanjutan nomor soal dari stage pertama. Bila peserta ANBK membuka daftar soal akan terlihat tiga jenis warna yang memiliki arti berbeda-beda yaitu :

Tahapan Lengkap Memulai dan Mengerjakan Soal ANBK 2021
  • Putih, berarti peserta belum menjawab soal tersebut
  • Biru, menandakan posisi peserta berada pada nomor soal tersebut
  • Hitam, menandakan siswa sudah mengisi jawaban tersebut
  • Kuning, menandakan bahwa peserta mencentang tombol ragu-ragu

Jika peserta sudah masuk ke stage ketiga maka peserta tes tidak dapat melihat soal pada stage pertama dan kedua serta hanya bisa mengerjakan soal pada stage ketiga.

Nomor soal pada stage ini adalah lanjutan dari nomor soal di stage pertama dan kedua. Pada stage ini di nomor terakhir terdapat tombol .

Jika peserta menekan tombol Selesai maka akan muncul notifikasi untuk mengakhiri tes sebanyak 3 kali. Apabila masih terdapat nomor soal yang ditandai Ragu-ragu, maka akan muncul konfirmasi jawaban ragu-ragu. Peserta harus menghilangkan centang pada jawaban ragu-ragu sebelum menyelesaikan tes.


Sub Tes Pertama dan Kedua

Setelah menyelesaikan tes literasi dan numerasi, peserta ANBK akan diminta untuk mengerjakan sub tes yang pertama. Pada halaman ini ditampilkan keterangan sub tes berikutnya.

Pada tombol akan ditampilkan waktu tunggu selama 60 detik untuk dapat melanjutkan tes berikutnya ditandai dengan perubahan warna tombol mulai menjadi biru.

Pada sub tes kedua, peserta mengerjakan soal angket menggunakan mekanisme CBT (Computer Based Test). Dalam proses ini tidak ada penilaian salah atau benar. Setelah peserta menyelesaikan seluruh stage akan muncul konfirmasi sebanyak 3 kali untuk menyelesaikan tes.

Setelah peserta menyelesaikan tes maka akan ditampilkan konfirmasi untuk kembali ke halaman login.

Tahapan Lengkap Memulai dan Mengerjakan Soal ANBK 2021

Demikianlah tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh peserta tes ANBK 2021 dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat.