Asesmen PTM pada Masa Pandemi COVID-19


Asesmen PTM pada Masa Pandemi COVID-19

Asesmen adalah proses sistematis dalam pengumpulan, pengolahan, dan penggunaan data aspek kognitif dan nonkognitif untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Asesmen tidak hanya mengukur hasil belajar peserta didik (assessment of learning). Asesmen juga juga berperan memberikan umpan balik terhadap mutu dan proses pembelajaran (assessment for learning) serta melibatkan pendidik dan peserta didik untuk merefleksi proses pembelajaran yang telah dilakukannya (assessment as learning).

Asesmen tidak hanya dilakukan pada akhir masa pembelajaran (sumative assessment), tetapi asesmen juga perlu dilakukan pada awal pembelajaran dalam bentuk asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik adalah asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, dan kelemahan peserta didik, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi peserta didik.

Salah satu peran asesmen diagnostik pada masa pemulihan satuan pendidikan dengan pelaksanaan PTM adalah memitigasi ketimpangan belajar dan membantu pendidik memetakan strategi pembelajaran di masa pemulihan satuan pendidikan. Asesmen diagnostik tidak hanya mengukur pencapaian kompetensi peserta didik selama belajar di masa pandemi, namun juga kondisi psikososial peserta didik ketika belajar di rumah.

Asesmen dalam proses PTM pada masa pandemi COVID-19 tetap dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip:

  1. Valid yaitu asesmen menghasilkan informasi yang sahih mengenai pencapaian peserta didik;
  2. Reliabel yaitu asesmen menghasilkan informasi yang konsisten dan dapat dipercaya tentang pencapaian peserta didik;
  3. Adil yaitu asesmen yang dilaksanakan tidak merugikan peserta didik tertentu;
  4. Fleksibel yaitu asesmen yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan;
  5. Otentik yaitu asesmen yang terfokus pada capaian belajar peserta didik dalam konteks penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari;
  6. Terintegrasi yaitu asesmen dilaksanakan sebagai bagian integral dari pembelajaran sehingga menghasilkan umpan balik yang berguna untuk memperbaiki proses dan hasil belajar peserta didik.

Demikianlah Asesmen atau penilaian PTM (Pembelajaran Tatap Muka) yang harus tetap dilakukan meskipun pada masa pandemi COVID-19.


Sumber :
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA
Direktorat Sekolah Menengah Atas
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021