Falsafah Permainan Bola Basket


Olahraga bola basket tidak hanya digemari di kalangan laki-laki saja, namun banyak kaum hawa juga menyukainya. Karena olahraga ini cukup mengasyikkan, tak heran ekstrakurikuler bola basket menjadi favorit di setiap satuan pendidikan.
Falsafah Permainan Bola Basket

Bola basket sendiri merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Penggemarnya yang berasal dari segala usia menjadi indikator bahwa bola basket adalah olahraga yang menyenangkan, kompetitif, mendidik, menghibur, dan menyehatkan. Bentuk permainan lima lawan lima menjadi bentuk permainan bola basket yang paling populer. Dalam perkembangannya, bola basket memiliki berbagai permainan dan pertandingan menghibur untuk membantu penggemarnya mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dasar mereka.

Tak sedikit orang awam yang menganggap basket hanya sebatas permainan olahraga. Kenyataannya, permainan bola basket bukan hanya sekadar permainan olahraga, namun terdapat falsafah yang bisa diteladani dalam permainan ini. Seperti apa falsafah permainan bola basket? Yuk simak artikel ini untuk informasi selengkapnya.

  1. Sportivitas
  2. Meskipun sebenarnya kontak badan adalah hal yang dilarang di dalam permainan yang sesungguhnya, namun kontak badan adalah hal yang tak mungkin terhindarkan dalam permainan bola basket. Untuk menyikapi hal tersebut, peraturan dibentuk untuk memberikan penilaian kontak badan seperti apa yang diperbolehkan. Kesalahan persepsi membuat para pemain mengutamakan kontak badan dan bermain secara agresif untuk berusaha memenangkan pertandingan. Padahal, seharusnya bermain dengan sportif adalah hal yang lebih utama. Untuk menyikapi hal tersebut, peraturan dibentuk untuk memberikan penilaian kontak badan seperti apa yang diperbolehkan. Aturan ini tentunya untuk menjunjung tinggi sportivitas pada permainan bola basket.

  3. Kerja sama
  4. Basket merupakan permainan olahraga yang tidak bisa mengandalkan kemampuan individu satu orang pemain saja. Permainan bola basket adalah permainan tim. Jadi, kunci dari kemenangan permainan ini ialah kerja sama tim yang apik. Agar terbentuk kerja sama yang baik dalam suatu tim sangat dibutuhkan sikap disiplin dan komitmen yang tinggi dari setiap pemain. Komunikasi yang terjalin baik antara pemain dengan pemain lain, pemain dengan pelatih, dan pelatih dengan pemain akan membuat tim menjadi lebih kompak dan solid.

  5. Dinamis
  6. Satu hal yang perlu diketahui adalah permainan bola basket sangatlah dinamis. Di dalam pertandingan bola basket di zaman modern seperti saat ini, intensitas pertandingan cukup tinggi. Pemain dituntut bisa berlari dengan cepat, berubah arah secara tiba-tiba, serta mampu melompat dengan tinggi untuk melakukan bloking bola atau tembakan. Perubahan-perubahan terjadi secara cepat. Pemain harus selalu dinamis dalam mengikuti tempo permainan yang ada. Oleh karena itu, kecepatan dan konsentrasi adalah hal yang perlu diasah agar bisa mengikuti alur jalannya pertandingan.

  7. Nilai Mandiri
  8. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, Permainan bola basket adalah permainan yang dinamis, sehingga tidak semua yang sudah dilatih oleh pelatih saat latihan dapat dilakukan saat bertanding. Selain kerja sama tim yang baik, setiap pemain tentu perlu mengasah kemampuan mandiri mereka masing-masing. Sebagai atlet profesional, pemain akan melakukan latihan mandiri di luar waktu latihan biasanya. Latihan mandiri dapat dilakukan dengan bantuan teman atau benar-benar berlatih sendiri. Jadi, nilai-nilai kemandirian akan terasah dengan sendirinya.


Sumber :
Buku NPK Ekstrakurikuler Basket Jenjang SMP terbitan Direktorat SMP tahun 2021