Dana BOP Kesetaraan Kinerja Sekolah Maju Terbaik 2023

Rincian Komponen Penggunaan Dana BOP Kesetaraan Kinerja Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun 2023


Satuan Pendidikan Kesetaraan sebagai Penerima Dana BOP meliputi sanggar kegiatan belajar dan pusat kegiatan belajar masyarakat. Satuan Pendidikan Kesetaraan Kinerja harus memenuhi persyaratan: penerima Dana BOP Kesetaraan Reguler tahun anggaran berkenaan dan termasuk 15% (lima belas persen) Satuan Pendidikan yang memiliki kinerja terbaik dari Satuan Pendidikan yang melaksanakan asesmen nasional.

Satuan Pendidikan Kesetaraan Kinerja terbaik ditentukan berdasarkan hasil atau peningkatan Rapor Pendidikan pada indikator kualitas pembelajaran dan hasil belajar dari profil pendidikan, dan indeks status ekonomi dan sosial Satuan Pendidikan.

Berikut ini adalah Rincian Komponen Penggunaan Dana BOP Kesetaraan Kinerja Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun 2023.

  1. Pembelajaran dengan paradigma baru merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan dalam kegiatan pembelajaran bagi Peserta Didik yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter, seperti:
    1. fasilitasi penguatan kompetensi dan pengembangan karakter;
    2. fasilitasi evaluasi pembelajaran berbasis rapor pendidikan; dan/atau
    3. kegiatan lainnya yang relevan yang mendukung pembelajaran paradigma baru.
  2. Perencanaan berbasis data merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan kegiatan yang mendukung Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Satuan Pendidikan, seperti:
    1. penguatan manajemen tata kelola satuan pendidikan;
    2. penguatan kapasitas sumber daya tata kelola satuan pendidikan; dan/atau
    3. kegiatan lainnya yang relevan dalam rangka pelaksanaan PBD.

Sumber: Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022