Dana BOS Kinerja Sekolah Maju Terbaik 2023

Rincian Komponen Penggunaan Dana BOS Kinerja Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun 2023


Sesuai Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022 khususnya Pasal 9 disebutkan bahwa penerima Dana BOS Kinerja terdiri atas sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak, sekolah yang memiliki prestasi, dan sekolah yang memiliki kemajuan terbaik. Sekolah yang memiliki prestasi paling tidak pernah memperoleh paling sedikit 1 (satu) penghargaan/ medali/ sertifikat prestasi pada ajang talenta di tingkat provinsi, nasional, dan/atau internasional.

Sedangkan sekolah yang memiliki kemajuan terbaik harus memenuhi persyaratan : termasuk 15% (lima belas persen) Satuan Pendidikan yang memiliki kinerja terbaik dari Satuan Pendidikan yang melaksanakan asesmen nasional di wilayah pemerintah daerah sesuai kewenangan.

Di bawah ini adalah Rincian Komponen Penggunaan Dana BOS Kinerja Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun 2023, yaitu:

  1. Pembelajaran dengan paradigma baru merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan dalam kegiatan pembelajaran bagi Peserta Didik yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter, seperti:
    1. fasilitasi penguatan kompetensi dan pengembangan karakter;
    2. fasilitasi evaluasi pembelajaran berbasis rapor pendidikan; dan/atau
    3. kegiatan lainnya yang relevan yang mendukung pembelajaran paradigma baru.
  2. Perencanaan berbasis data merupakan komponen yang digunakan untuk pembiayaan kegiatan yang mendukung Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Satuan Pendidikan, seperti:
    1. penguatan manajemen tata kelola satuan pendidikan;
    2. penguatan kapasitas sumber daya tata kelola satuan pendidikan; dan/atau
    3. kegiatan lainnya yang relevan dalam rangka pelaksanaan PBD.

Update !

Daftar Penerima Dana BOS Kinerja bagi Sekolah yang Memiliki Kemajuan Terbaik Tahun Anggaran 2023 dapat anda download dan lihat pada laman berikut:
https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3316


Sumber: Permendikbudristek No. 63 Tahun 2022