Perencanaan Asesmen Deep Learning


Dalam Perencanaan asesmen Deep learning, pendidik dapat mengadopsi, mengadaptasi, atau mengembangkan perencanaan asesmen secara mandiri. Jika pendidik memutuskan untuk mengembangkan sendiri perencanaan pembelajaran, maka pendidik juga perlu merencanakan asesmen yang akan digunakan implementasi deep learning.

Berikut pertimbangan dalam perencanaan asesmen.

  • Perencanaan asesmen diawali dengan penentuan tujuan, baik yang berfokus pada proses pembelajaran maupun pada KKTP atau ketercapaian tujuan pembelajaran.
  • Setelah tujuan asesmen dirumuskan, pendidik memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen sesuai tujuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih/ mengembangkan instrumen, antara lain:
    • karakteristik murid,
    • kesesuaian asesmen dengan rencana/ tujuan pembelajaran,
    • tujuan asesmen, dan
    • kemudahan penggunaan instrumen untuk memberikan umpan balik kepada murid dan pendidik.

Asesmen merupakan aktivitas yang menjadi kesatuan dalam proses pembelajaran, pendidik hendaknya melakukan asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Asesmen dalam pembelajaran mendalam tetap menerapkan bentuk asesmen formatif dan sumatif dengan penekanan pada asesmen autentik dan holistik.

Asesmen formatif memberikan umpan balik selama proses pembelajaran, sementara asesmen sumatif dilaksanakan untuk mengetahui capaian pembelajaran secara menyeluruh. Asesmen dilakukan untuk mencari bukti ataupun dasar pertimbangan tentang ketercapaian tujuan pembelajaran, bukti yang dimaksud dapat berupa catatan kemajuan belajar murid, performa atau nilai/ skor hasil belajar murid.

Asesmen dalam pembelajaran memiliki 3 (tiga) fungsi utama, yaitu:

  1. assessment as learning untuk refleksi diri murid dan refleksi proses pembelajaran yang membantu murid belajar menjadi pemelajar aktif dan mandiri,
  2. assessment for learning untuk membantu pendidik memperbaiki proses pembelajaran, dan
  3. assessment of learning untuk menilai capaian pembelajaran murid pada akhir pembelajaran.

Untuk penguatan pemahaman tentang hubungan antara asesmen formatif dan asesmen sumatif dengan assessment as learning, assessment for learning, assessment of learning dapat dilihat pada infografik berikut.

Perencanaan Asesmen Deep Learning

Sumber: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2025