Merumuskan Tujuan Pembelajaran Deep Learning


Tujuan pembelajaran dikembangkan dari Capaian Pembelajaran (CP). Tujuan pembelajaran yang dikembangkan ini perlu dicapai murid hingga akhir fase. Tujuan pembelajaran mencakup kompetensi dan konten pada lingkup materi dengan menggunakan kata kerja operasional yang relevan.

Selanjutnya, pendidik menyusun tujuan-tujuan tersebut menjadi satu ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 (dua) komponen kompetensi dan lingkup materi, yaitu:

  • Kompetensi yaitu kesatuan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang menunjukkan kemampuan murid sebagai hasil dari proses pembelajaran.
  • Lingkup materi yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Lingkup materi berfokus pada materi esensial yang mengacu pada konsep inti dan informasi yang dianggap penting bagi murid untuk dipelajari.
Merumuskan Tujuan Pembelajaran dalam Deep Learning

Pendidik dapat menggali berbagai referensi yang dapat digunakan untuk merancang tujuan pembelajaran.

Pendidik juga dapat menggunakan teori atau pendekatan lain dalam merancang tujuan pembelajaran, selama teori tersebut dinilai relevan dengan karakteristik mata pelajaran serta konsep/ topik yang dipelajari, karakteristik murid, dan konteks lingkungan pembelajaran. Beberapa teori tersebut, yaitu:

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, hendaknya guru mempertimbangkan ketersedian waktu dan kedalaman dari tujuan pembelajaran.

Berikut adalah beberapa catatan khusus terkait dengan perumusan tujuan pembelajaran di jenis dan jenjang pendidikan tertentu.

  1. Pada Pendidikan Khusus, selain kompetensi dan konten, tujuan pembelajaran juga mencakup variasi dan akomodasi layanan sesuai karakteristik murid. Selain itu, tujuan pembelajaran diarahkan pada terbentuknya kemandirian dalam aktivitas sehari-hari sampai kesiapan memasuki dunia kerja.
  2. Pada satuan pendidikan SMK, tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dapat disusun bersama dengan mitra dunia kerja melalui proses analisis penyelarasan kurikulum.

Pendidik memiliki alternatif untuk merumuskan tujuan pembelajaran sesuai karakteristik setiap mata pelajaran dengan beberapa alternatif di bawah ini.

  • Alternatif 1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.
  • Pendidik perlu memahami CP, elemen, dan sub elemen kemudian merumuskan tujuan pembelajarannya.

  • Alternatif 2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan konten pada ruang lingkup materi pada CP.
  • Pendidik bisa bisa menyesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan murid. Pendidik juga mempertimbangkan karakteristik murid seperti perlu lebih distimulasi olah geraknya sehingga menambahkan tujuan pembelajaran terkait dan mengakomodasi minat tinggi anak terhadap seni.

  • Alternatif 3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP.
  • Dalam merumuskan tujuan pembelajaran lintas elemen tidak harus selalu dengan 3 (tiga) elemen, dapat saja hanya 2 (dua) lintas elemen yang dikuatkan di sesuaikan dengan kompetensi murid yang akan dicapai. Tujuan-tujuan pembelajaran ini kemudian diurutkan lintas elemen sesuai dengan strategi penyusunan alur tujuan pembelajaran, konteks kedekatan kemampuan, dan keselarasan dengan tema/ topik.


Sumber: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2025