Identifikasi Tingkat Kesiapan Pelaksanaan Projek


Identifikasi tingkat kesiapan merupakan bagian dari desain projek penguatan profil Pancasila. Pimpinan satuan pendidikan dapat menilai tahap pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila berdasarkan tingkat kesiapan satuan pendidikan dan melakukan refleksi awal dengan menggunakan bagan identifikasi kesiapan satuan pendidikan untuk menentukan tahapan menjalankan projek.

  1. Tahap Awal
    • Satuan pendidikan belum memiliki sistem dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran berbasis projek
    • Konsep pembelajaran berbasis projek baru diketahui pendidik
    • Sekolah menjalankan projek secara internal (tidak melibatkan pihak luar)

  2. Tahap Berkembang
    • Sekolah sudah memiliki dan menjalankan pembelajaran berbasis projek
    • Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik
    • Sekolah mulai melibatkan pihak di luar sekolah untuk membantu salah satu aktivitas projek

  3. Tahap Lanjutan
    • Pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah
    • Konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami semua pendidik
    • Sekolah sudah menjalin kerja sama dengan pihak mitra di luar sekolah agar dampak projek dapat diperluas dan direplikasi secara berkelanjutan

Identifikasi Tingkat Kesiapan Pelaksanaan Projek

Sumber:
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA)
Kemendikbudristekdikti