Desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan pembelajaran paradigma baru. Oleh karena itu, pemahaman mengenai Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Paradigma Baru perlu diupayakan. Faktor yang penting adalah membuat desain tentang bagaimana tahapan pelaksanaan projek dan bagaimana proses pelaksanaannya?

Desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Untuk itu dibutuhkan suatu perencanaan yang matang agar pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat berjalan di suatu satuan pendidikan. Berikut ini beberapa tahap dalam mendesain projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Merancang alokasi waktu dan dimensi Profil Pelajar Pancasila
  2. Pimpinan satuan pendidikan menentukan alokasi waktu pelaksanaan projek dan dimensi untuk setiap tema, agar dapat memetakan sebaran pelaksanaan projek pada satuan pendidikan tersebut.

  3. Membentuk tim fasilitasi projek
  4. Pimpinan satuan pendidikan menentukan pendidik yang tergabung dalam tim fasilitasi projek yang berperan merencanakan projek, membuat modul projek, mengelola projek, dan mendampingi peserta didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

  5. Identifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan
  6. Pimpinan satuan pendidikan dapat menilai tahap pelaksanaan projek berdasarkan tingkat kesiapan satuan pendidikan.

  7. Pemilihan tema umum
  8. Tim fasilitasi bersama pimpinan satuan pendidikan memilih minimal 2 tema (Fase A, B, C) dan minimal 3 tema (Fase D, E, F) dari 7 tema yang ditetapkan oleh Kemendikbud-Dikti untuk dijalankan dalam satu tahun ajaran berdasarkan isu yang relevan di lingkungan peserta didik. Tujuh tema tersebut adalah:

    • Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK)
    • Kearifan lokal (SD‒SMA/SMK)
    • Bhinneka Tunggal Ika (SD‒SMA/SMK)
    • Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA/SMK)
    • Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK)
    • Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD‒SMA/SMK)
    • Kewirausahaan (SD‒SMA/SMK)

  9. Penentuan topik spesifik
  10. Dari tema besar, tim fasilitasi projek (dapat juga bersama peserta didik) menentukan ruang lingkup isu yang spesifik sebagai projek.

  11. Merancang modul projek
  12. Tim fasilitasi bekerja sama dalam merancang modul projek dan berdiskusi dalam menentukan elemen dan subelemen profil, alur kegiatan projek, serta tipe asesmen yang sesuai dengan tujuan dan kegiatan projek.

Perencanaan ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tiap satuan pendidikan.


Sumber:
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA)
Kemendikbudristekdikti