Penentuan Topik Spesifik Sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Penentuan topik spesifik merupakan bagian dari desain projek penguatan profil Pancasila. Dari tema umum, tim fasilitasi projek (dapat juga bersama peserta didik) menentukan ruang lingkup isu yang spesifik sebagai projek penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan tahapan satuan pendidikan.

  1. Tema pilihan
    • Tahap Awal: Sekolah menentukan 2 tema untuk SD, atau 3 tema untuk SMP‒SMA di awal tahun ajaran.
    • Tahap Berkembang: Sekolah menentukan 2 tema untuk SD, atau 3 tema untuk SMP‒SMA di awal tahun ajaran.
    • Tahap Lanjutan: Sekolah menentukan 2 tema untuk setiap kelas SD, atau 3 tema untuk setiap kelas SMP‒SMA di awal tahun ajaran (setiap kelas dapat memilih tema yang berbeda).

  2. Pemberian opsi tema
    • Tahap Awal: Sekolah menelaah isu yang sama untuk semua kelas.
    • Tahap Berkembang: Sekolah menelaah isu yang sama untuk setiap 1‒2 kelas.
    • Tahap Lanjutan: Setiap kelas menelaah isu yang berbeda sesuai pilihan peserta didik.

  3. Penentuan topik
    • Tahap Awal: Sekolah yang menentukan tema dan topik projek.
    • Tahap Berkembang: Sekolah mempersiapkan beberapa tema dan topik projek untuk dipilih oleh peserta didik.
    • Tahap Lanjutan: Peserta didik mendiskusikan tema dan topik projek dengan bimbingan pendidik.

Penentuan Topik Spesifik Sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Contoh pengembangan tema dan topik di setiap fase

A. Tema: Gaya Hidup Bekelanjutan

SD Fase A

  • Membuat sistem pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan, misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar

SD Fase B

  • Infografik hasil survei kebiasaan membuang dan memilah sampah di rumah dan di satuan pendidikan beserta dampaknya, dilengkapi usulan solusi
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar

SD Fase C

  • Kampanye sederhana untuk memecahkan isu lingkungan, misal cara pencegahan kebakaran hutan atau banjir
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

SMP Fase D

  • Membuat purwarupa sistem pengelolaan sampah di satuan pendidikan
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

SMA Fase E/F

  • Mendesain sistem pengelolaan sampah untuk mengatasi permasalahan banjir di lingkungan sekitar satuan pendidikan
  • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
  • Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
  • Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

B. Tema: Kearifan lokal

SD Fase A

  • Pekan Permainan Tradisional, membuat kegiatan bersama yang berkaitan dengan mengenalkan dan melakukan berbagai jenis permainan tradisional daerah sendiri atau daerah lain di Indonesia
  • Fokus: Membiasakan mendengarkan pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya

SD Fase B

  • Khazanah Dongeng, Legenda Tanah Air, membuat kumpulan cerita menarik dan bermakna dari berbagai daerah di Indonesia
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mendengarkan dengan baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya
  • Mengumpulkan berbagai warisan budaya (intangible heritage) yang membawa pesan-pesan moral yang masih relevan dengan masa sekarang

SD Fase C

  • Merancang Jalur Wisata Daerah yang berkaitan dengan peninggalan bersejarah tangible dan intangible
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang ketika dihadapkan dengan dilema
  • Memperkenalkan kekayaan budaya lokal beserta kearifannya kepada lingkup masyarakat luas secara kreatif lewat pengalaman indrawi

SMP Fase D

  • Mural Akulturasi yang bercerita tentang proses akulturasi dan dampaknya di masyarakat saat ini
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan
  • Mengenal sejarah perkembangan budaya yang berdampak pada cara hidup dan sudut pandang masyarakat dan menyajikan interpretasinya melalui penggambaran visual

SMA Fase E/F

  • Gelar karya atau gelar seni yang memadukan elemen teknologi dan tradisi
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Menghargai perbedaan identitas (ras, agama, dll.) dan menampilkan apresiasinya atas perbedaan dalam bentuk aktivitas
  • Menggali berbagai warisan budaya terkait seni dan menemukan cara mengenalkannya secara luas dengan memanfaatkan teknologi

C. Tema: Bhinneka Tunggal Ika

SD Fase A

  • Buku kumpulan doa dan puisi bertema rasa syukur
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya. Terbiasa mengucapkan kata-kata yang bersifat apresiatif di lingkungan satuan pendidikan dan masyarakat (seperti "terima kasih", "bagus sekali", dll.)

SD Fase B

  • Membuat buku kumpulan cerita pendek yang membawa pesan tentang perbedaan individu memperkaya relasi sosial dalam masyarakat dan mengampanyekannya dalam keseharian di satuan pendidikan
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya

SD Fase C

  • Merancang maket prototipe tata kota yang memenuhi kebutuhan warganya secara adil dan merata, dilengkapi dengan ruang publik yang digunakan sebagai fasilitas kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan lain-lain
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok

SMP Fase D

  • Menciptakan lagu-lagu bertema keberagaman
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

SMA Fase E/F

  • Merencanakan dan melaksanakan bakti sosial di lingkungan sekitar satuan pendidikan, merespons isu kemanusiaan yang terjadi di masyarakat terdekat
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaiannya

D. Tema: Bangunlah Jiwa dan Raganya

SD Fase A/B/C

  • Untuk tema ini, penerapan di SD bukan berbentuk projek tapi lebih berfokus pada ekosistem satuan pendidikan yang mendukung kesejahteraan (wellbeing) anak

SMP Fase D

  • Membuat kegiatan-kegiatan dan menyusun kesepakatan antarpeserta didik berbasis OSIS untuk kesejahteraan (wellbeing) jiwa raga (olahraga, seni, kemanusiaan, agama, dll.)
  • Fokus: Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

SMA Fase E/F

  • Koordinasi kegiatan OSIS antarsatuan pendidikan dalam bentuk kepanitiaan untuk kampanye dan aksi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental remaja di lingkungan satuan pendidikan
  • Fokus: Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaiannya

E. Tema: Suara Demokrasi

SD Fase A/B/C

  • Untuk tema ini, penerapan di SD bukan berbentuk projek tapi lebih berfokus pada ekosistem satuan pendidikan yang memberi ruang sebesar-besarnya pada anak untuk berpendapat atau memiliki hak suaranya

SMP Fase D

  • Menyusun kepenpendidiksan kelas beserta lingkup tugas, jangka waktu bertugas, dan tata cara pemilihannya (ketua kelas, wakil, bendahara), kemudian menentukan aturan-aturan yang diberlakukan di kelas berkaitan dengan kepentingan bersama dalam kelancaran proses belajar mengajar dan relasi antarpeserta didik
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

SMA Fase E/F

  • Merancang alur pemilihan pengurus OSIS satuan pendidikan, membuat rencana kerja tahunan yang bisa melibatkan peserta didik dari berbagai jenjang, merencanakan program pengayaan untuk para pengurus dan kaderisasinya, dengan bantuan dewan penasihat OSIS satuan pendidikan
  • Fokus: Akhlak kepada manusia
  • Menunjukkan karakter toleransi pada orang dan kelompok lain serta berupaya mengutamakan kemanusiaan di atas perbedaan (agama, ras, suku, warna kulit, dll.) dan membantu orang lain
  • Mengapresiasi dan memberikan kritik yang konstruktif demi kemajuan orang lain dan lingkungan sekitarnya

F. Tema: Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

SD Fase A

  • Menciptakan berbagai mainan yang menggunakan prinsip-prinsip fisika
  • Fokus: Akhlak bernegara
  • Mengenali hak dan tanggung jawabnya di rumah, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar

SD Fase B

  • Merancang model dan maket gedung yang menerapkan prinsip hemat energi dan ramah lingkungan
  • Fokus: Akhlak bernegara
  • Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar

SD Fase C

  • Menciptakan alur upcycling barang bekas menjadi bendabenda fungsional sebagai salah satu solusi penanganan sampah anorganik
  • Fokus: Akhlak bernegara
  • Mengidentifikasi dan memahami peran, hak, dan kewajiban dasar sebagai warga negara dan mulai mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari

SMP Fase D

  • Menciptakan sistem untuk pemanenan air hujan di lingkungan satuan pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari
  • Fokus: Akhlak kepada alam
  • Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai perbuatan yang mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap alam semesta, baik positif maupun negatif

SMA Fase E/F

  • Merancang projek kebun organik yang berkelanjutan dilengkapi dengan alur kewirausahaannya
  • Fokus: Akhlak kepada alam
  • Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat dia tinggal dan melakukan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya

G. Tema: Kewirausahaan

SD Fase A

  • Pasar Kreasi, mengadakan pasar yang jual beli berbagai kreasi mandiri berupa benda fungsional sederhana dari barang bekas
  • Fokus: Akhlak pribadi
  • Membiasakan bersikap jujur kepada diri sendiri dan orang lain

SD Fase B

  • Membuat pementasan seni sederhana untuk menggalang dana kemanusiaan
  • Fokus: Akhlak pribadi
  • Memahami bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi

SD Fase C

  • Merancang panduan pembuatan catatan pengelolaan uang pribadi (uang jajan) dan kolektif (kas kelas)
  • Fokus: Akhlak pribadi
  • Melakukan tindakan sesuai norma-norma agama dan sosial (seperti jujur, adil, rendah hati, dll.) serta memahami konsekuensinya, dan introspeksi diri dengan bimbingan

SMP Fase D

  • Menciptakan produk yang menjawab kebutuhan tertentu dalam lingkup terdekat/produk yang berciri khas daerah
  • Fokus: Akhlak pribadi
  • Menginternalisasi norma-norma sosial dan agama yang ada sehingga menjadi nilai personal

SMA Fase E/F

  • Merintis koperasi sederhana di lingkup satuan pendidikan
  • Fokus: Akhlak pribadi
  • Merumuskan nilai-nilai moralnya sendiri, menyadari kekuatan dan keterbatasan dari nilai-nilai tersebut, sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual

Sumber:
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA)
Kemendikbudristekdikti