Cara Membuat Laporan Hasil Projek


Dokumentasi proses belajar peserta didik disajikan dalam bentuk sebuah Rapor yang dibuat dibuat oleh pendidik. Rapor berisi konten yang bersifat informatif dalam menyampaikan perkembangan anak namun tidak merepotkan pendidik dalam pengerjaannya.

Dalam pelaksanaan projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga diperlukan sebuah rapor untuk melaporkan perkembangan peserta didik selama menjalankan projek.

Cara Membuat Laporan Hasil Projek

A. Prinsip Rancangan Rapor Projek

  1. Menunjukkan keterpaduan
  2. Rapor terdiri dari hasil penilaian terhadap performa peserta didik dalam projek. Meskipun ada beberapa disiplin ilmu terintegrasi dalam projek, namun bagian projek fokus pada keterpaduan pembelajaran dan perkembangan karakter dan kompetensi sesuai Profil Pelajar Pancasila.

  3. Tidak menjadi beban administrasi yang berat
  4. Aspirasinya, penulisan rapor akan lebih sederhana, terlebih apabila dibantu teknologi. Teknologi report generator di mana pendidik memasukkan judul projek, deskripsi singkat, dan seluruh elemen Profil Pelajar Pancasila, dan hanya memberikan penilaian pilihan elemen profil yang berkaitan dengan projek tanpa harus menuliskannya.

    Penulisan deskripsi proses peserta didik benar-benar fokus pada hal unik dan istimewa yang layak direfleksikan, misalnya situasi di mana peserta didik mengambil keputusan yang bijak, perkembangan suatu karakter yang sangat nyata dalam kurun waktu tertentu, dan sebagainya.

  5. Kompetensi utuh
  6. Penilaian dalam rapor projek memadukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai satu komponen. Deskripsi juga disampaikan secara utuh tanpa membedakan aspek tersebut.


B. Rapor Projek

Projek 1 : Mengenal dan merawat keberagaman agama dan keyakinan di Indonesia

Projek ini adalah projek yang mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika. Ada 2 dimensi Profil yang dibangun dalam projek ini:

  • Kebinekaan global
  • Bernalar kritis

Projek 2 : 3R

Projek ini adalah projek yang mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Projek ini membangun 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, namun berbeda dengan projek pertama

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  • Mandiri
  • Bernalar kritis

Projek 3 : Merancang Simulasi Digital

Projek ini adalah projek yang mengambil tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI. Ada 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dibangun dalam projek ini:

  • Kreatif
  • Bernalar kritis
  • Bergotong royong

Dalam setiap projek, pendidik mengambil beberapa sub elemen yang menjadi fokus pengembangan peserta didik, dan dilaporkan dalam rapor projek.


Sumber:
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA)
Kemendikbudristekdikti