Penilaian diri mengarahkan guru menjadi lebih kritis terhadap apa yang mereka lakukan. Tujuan penilaian diri adalah untuk membantu guru mengambil peran aktif dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan mengajar (Ross & Bruce, 2007). Hal ini memperkuat tanggung jawab guru atas pekerjaan mereka.
Selain itu, penilaian diri juga membantu guru dalam mengenali kekuatan dan target perkembangan mereka sendiri. Terdapat beberapa cara guru untuk melakukan penilaian diri, di antaranya melalui angket, observasi, dan wawancara. Dalam mengevaluasi kesiapan numerasi, guru dapat mengisi survei penilaian diri (Goos, dkk., 2014) yang mencakup tiga aspek berikut:
- Pengetahuan profesional, mencakup pengetahuan mengenai peserta didik dan kebutuhan belajar numerasi mereka, pengetahuan numerasi sesuai jenjang dan mata pelajaran serta pengetahuan tentang bagaimana mendukung pembelajaran numerasi peserta didik.
- Atribut profesional, mencakup sifat pribadi seperti ekspektasi yang tinggi bagi peserta didik untuk mengembangan numerasi, komitmen dalam pengembangan profesional pribadi untuk meningkatkan pengetahuan numerasi dan strategi pengajarannya, dan rasa tanggung jawab dalam mengomunikasikan informasi yang tepat tentang numerasi.
- Praktik profesional, mencakup pembentukan lingkungan belajar numerasi yang mendukung dan menantang, merencanakan pembelajaran numerasi di semua bidang kurikulum, mendemonstrasikan strategi pengajaran numerasi yang efektif dan menggunakan strategi penilaian yang memungkinkan semua peserta didik untuk mendemonstrasikan pengetahuan numerasi mereka.
Untuk menilai kesiapan diri dan mengidentifikasi hal yang perlu dikembangkan sebagai refleksi pribadi, gunakan rating berikut dan jawablah dengar sejujurnya. Tujuan survei ini adalah untuk mengenali kesiapan diri dan mengidentifikasi hal yang perlu dikembangkan sebagai refleksi pribadi.
Rating : | ||
---|---|---|
5 | : | sangat percaya diri |
4 | : | percaya diri |
3 | : | tidak yakin |
2 | : | tidak percaya diri |
1 | : | sangat tidak percaya diri |
Sub domain | Dalam praktik mengajar saya, saya mampu… | Rating 5 - 1 |
---|---|---|
Pengetahuan profesional | ||
Peserta didik | Mengenali pengetahuan dan pengalaman numerasi yang dibawa peserta didik ke kelas saya | |
Memahami keragaman kebutuhan numerasi peserta didik | ||
Numerasi | Memahami keberadaan numerasi dan perannya dalam situasi sehari-hari | |
Memahami arti numerasi dalam mata pelajaran saya | ||
Mengenali peluang dan tuntutan belajar numerasi dalam mata pelajaran saya | ||
Pembelajaran numerasi peserta didik | Menunjukkan pengetahuan tentang berbagai sumber daya dan strategi yang sesuai untuk mendukung pembelajaran numerasi peserta didik di mata pelajaran saya | |
Atribut profesional | ||
Atribut pribadi | Menunjukkan disposisi (sikap) positif mendukung pembelajaran numerasi peserta didik dalam mata pelajaran saya | |
Menyadari bahwa semua peserta didik bisa menjadi numerat | ||
Menunjukkan ekspektasi yang tinggi terhadap perkembangan numerasi peserta didik saya | ||
Menunjukkan tingkat kompetensi numerasi pribadi yang memuaskan untuk mengajar | ||
Pengembangan profesional pribadi | Menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan pengetahuan numerasi pribadi | |
Menunjukkan komitmen untuk peningkatan berkelanjutan dari strategi pengajaran yang mendukung pembelajaran numerasi peserta didik | ||
Menunjukkan komitmen untuk berkolaborasi dengan guru matematika untuk meningkatkan pembelajaran numerasi dan strategi pengajaran numerasi saya | ||
Tanggung jawab komunitas | Mengembangkan dan mengomunikasikan perspektif tentang numerasi di dalam dan di luar sekolah | |
Praktik profesional | ||
Lingkungan belajar | Mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran numerasi dalam mata pelajaran saya | |
Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan menantang yang menghargai pembelajaran numerasi | ||
Perencanaan Memanfaatkan peluang belajar numerasi ketika merencanakan dalam mata pelajaran saya | ||
Menunjukkan kesediaan untuk bekerja dengan guru matematika dalam merencanakan pengalaman belajar numerasi | ||
Menentukan kebutuhan belajar peserta didik dalam numerasi untuk membantu perencanaan dan implementasi pengalaman belajar | ||
Pengajaran Menunjukkan strategi pengajaran yang efektif untuk mengintegrasikan pembelajaran numerasi di mata pelajaran saya | ||
Memodelkan cara untuk menangani tuntutan numerasi di mata pelajaran saya | ||
Penilaian (Asesmen) | Memberikan peserta didik kesempatan untuk mendemonstrasikan pengetahuan numerasi dalam mata pelajaran saya |
Sumber :
Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama
Direktorat Sekolah Menengah Pertama
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021