Pengembangan Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Untuk mengembangkan Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pendidik bekerja sama dengan Tim Fasilitasi Projek membuat alur projek yang berisi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menggunakan struktur aktivitas yang disepakati bersama.
  2. Hal-hal yang sudah ditentukan dalam tahap merancang projek, disusun sesuai alur dengan menambahkan strategi-strategi pembelajaran, alat ajar, dan narasumber yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pendalaman dimensi projek.

Contoh Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

  1. Pengenalan
  2. Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap tema projek yang sedang dipelajari

  3. Kontekstualisasi
  4. Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan

  5. Aksi
  6. Merumuskan peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata

  7. Refleksi
  8. Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi

  9. Tindak lanjut
  10. Menggenapi proses dengan berbagi karya dan melakukan evaluasi serta refleksi


A. Merumuskan tujuan

  1. Mengamati
  2. Apa yang terjadi?
    • Mempersiapkan observasi
    • Mengenal dan mendekati persoalannya (mencerap)
    • Mencari inspirasi
  3. Mendefinisikan
  4. Oh, ternyata itu yang hendak dicapai
    • Mendefinisikan tujuan dari temuan
    • Membuat kerangka konteks

B. Tindak lanjut

  1. Menggagas
  2. Bagaimana aku bisa menjadi bagian dari solusi?
    • Melontarkan dan mengembangkan gagasan
    • Membuat alternatif solusi
  3. Memilih
  4. Bagaimana aku bisa mewujudkannya tujuan?
    • Memilih solusi yang sesuai dengan tujuan
    • Membuat purwarupa
  5. Merefleksikan
  6. Bagaimana supaya ide ini menjadi lebih baik?
    • Membagi pengetahuan
    • Meminta masukan
    • Mengembangkan ide lebih lanjut dari masukan

  1. Temukan
  2. Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap perubahan iklim

  3. Bayangkan
  4. Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan

  5. Lakukan
  6. Mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata

  7. Bagikan
  8. Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi