Cara Merancang Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Modul projek merupakan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Modul projek dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila.

Tim fasilitasi bekerja sama dalam merancang modul projek dan berdiskusi dalam menentukan elemen dan sub-elemen profil, alur kegiatan projek, serta tipe asesmen yang sesuai dengan tujuan dan kegiatan projek.


Cara Merancang Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

A. Tujuan dan Komponen Modul Projek

  1. Tujuan Modul Projek
  2. Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu.

  3. Komponen Modul Projek
  4. Modul projek dilengkapi dengan komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Modul projek umumnya memiliki komponen sebagai berikut.

    1. Informasi umum
      • Identitas penulis modul
      • Sarana dan prasarana
      • Target peserta didik
      • Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan

    2. Komponen inti
      • Deskripsi singkat projek
      • Dimensi dan subelemen dari Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan
      • Tujuan spesifik untuk fase tersebut
      • Alur kegiatan projek secara umum
      • Asesmen
      • Pertanyaan pemantik
      • Pengayaan dan remedial
      • Refleksi peserta didik dan pendidik

    3. Lampiran
      • Lembar kerja peserta didik
      • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik
      • Glosarium
      • Daftar pustaka

B. Strategi Mengembangkan Modul Projek

  1. Kepala sekolah menganalisis kesiapan sekolah, kondisi dan kebutuhan peserta didik, pendidik, serta satuan pendidikan
  2. Pendidik melakukan asesmen diagnostik terhadap kondisi dan kebutuhan peserta didik
  3. Pendidik dan peserta didik mengidentifikasi tema dan topik
  4. Pendidik mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai
  5. Pendidik merencanakan jenis, teknik dan instrumen asesmen
  6. Pendidik menyusun modul projek berdasarkan komponenkomponen yang disarankan
  7. Pendidik dapat menentukan komponen-komponen esensial sesuai dengan kebutuhan projek
  8. Pendidik mengelaborasi kegiatan projek sesuai dengan komponen esensial
  9. Modul siap digunakan
  10. Evaluasi dan Pengembangan Modul

C. Contoh Cuplikan Modul Projek




Sumber:
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA)
Kemendikbudristekdikti