Dukungan Program Transisi PAUD Ke SD Yang Menyenangkan


Untuk mengeleminasi miskonsepsi tentang tentang baca, tulis, hitung (calistung) pada pendidikan anak usia dini dan SD diperlukan suatu program khusus agar transisi PAUD ke SD dapat berjalan secara menyenangkan dan tidak membebani peserta didik dan orang tua. Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar Episode Ke-24 telah mempelopori guna mewujudkan transisi tersebut. Transisi PAUD Ke SD juga perlu dukungan dari pemerintah daerah, orang tua, masyarakat dan mitra pendidikan secara holistik.

Berikut ini beberapa program transisi PAUD ke SD yang sudah dijalankan oleh pemerintah melalui Kemendikbudristek, yaitu:

  1. Pada Kurikulum Merdeka capaian pembelajaran untuk jenjang pendidikan dasar kelas awal sudah disusun selaras dengan PAUD.
    1. Capaian Pembelajaran (CP) untuk kelas awal pendidikan dasar mencakup kelas 1 dan kelas 2, sehingga tidak ada tuntutan anak kelas 1 untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung.
    2. Buku bacaan Kurikulum Merdeka sudah dikurasi sehingga anak tidak perlu bisa calistung saat masuk kelas 1 pada jenjang pendidikan dasar.
      • Buku Kurikulum Merdeka menyertakan gambar visual, sehingga tidak menyiratkan bahwa peserta didik kelas 1 sudah harus bisa membaca.
      • Buku Kurikulum Merdeka membimbing peserta didik untuk memiliki kemampuan intuisi membilang (number sense) menggunakan konten visual.

  2. Satuan pendidikan perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi.
    1. Pembelajaran aktif dan eksploratif, membangun rasa ingin tahu, dan sarat dengan interaksi positif yang membangun percaya diri anak.
    2. Menghindari asesmen di kelas berupa tes lisan dan tes tertulis untuk mengurangi potensi stress pada anak usia dini. Hasil asesmen digunakan sebagai dasar pembinaan, bukan pelabelan "anak pintar" dan "tidak pintar".
    3. Laporkan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali saat pelaporan hasil belajar. Sampaikan yang sudah baik dan yang masih perlu penguatan. Dengan demikian anak terdampingi, baik di satuan pendidikan maupun di rumah.

  3. Kemendikbudristek telah menyediakan alat bantu bagi satuan pendidikan untuk menjalankan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Alat bantu berupa Sumber Belajar Mandiri di Kanal Kemendikbudristek, meliputi:
    1. Modul Ajar
      • Tersedia modul belajar, contoh instrumen asesmen awal, perangkat ajar lain serta video inspirasi untuk guru-guru PAUD, SD/MI/Sederajat mempersiapkan tahun ajaran baru.
      • Bahan dapat diakses di Platform Merdeka Mengajar Seri Pelatihan Mandiri (topik transisi PAUD ke SD yang menyenangkan) atau melalui laman transisi PAUD-SD: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/
    2. Video Inspirasi
      Dapat diakses di Laman Transisi PAUD-SD.
    3. Diklat Teknis
      Ikuti juga diklat teknis yang akan diluncurkan pada tengah tahun.

  4. Pemerintah daerah perlu mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dengan cara:
    1. Diseminasi surat edaran dan booklet advokasi mengenai kebijakan transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/
    2. Melakukan advokasi kepada seluruh masyarakat dengan melibatkan narasumber guru yang sudah dilatih oleh Kemendikbudristek.
    3. Memastikan seluruh satuan pendidikan menjalankan kebijakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada tahun ajaran baru.
    4. Terdapat 204 kab/kota yang sudah memiliki forum komunikasi PAUD-SD, kuatkan peran forum komunikasi PAUD-SD. Sedangkan kab/kota yang belum memiliki untuk dapat membentuk forum komunikasi PAUD-SD.

  5. Orang tua, masyarakat, dan mitra pendidikan perlu mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dengan cara:
    1. Orang Tua dan Masyarakat
      • Mempelajari booklet advokasi yang dapat diakses di laman Transisi PAUD ke SD: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/
      • Membagikan booklet dan video inspirasi agar lebih banyak yang ikut mendukung perubahan pada awal tahun ajaran baru
    2. Mitra Pembangunan Pendidikan
      • Melatih sekolah/ komunitas guru dampingannya dengan modul pelatihan yang tersedia
      • Mendaftarkan organisasi Anda melalui laman: https://ditpsd.kemdikbud.go.id/transisipaudsd/

Dengan keterlibatan semua pihak, setiap anak bisa mendapatkan kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke SD agar:

  1. PAUD SD
    Peserta didik PAUD dapat terus melanjutkan prosesnya untuk mendapatkan kemampuan fondasi saat jenjang SD.
  2. Kelas Awal
    Peserta didik SD yang tidak pernah mengikuti PAUD tetap mendapatkan haknya untuk mendapatkan pembinaan kemampuan fondasi, sehingga memiliki pijakan yang kuat untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Sumber: Paparan Mendikbudristek Merdeka Belajar Episode Ke-24