Membenahi Literasi Melalui Asesmen dan Pembelajaran


Membenahi Literasi Melalui Asesmen dan Pembelajaran

A. Konsep Literasi

Literasi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, menghitung, dan berkomunikasi menggunakan materi visual, audio, dan digital lintas disiplin ilmu dan dalam konteks apa pun (International Literacy Association).

Literasi tidak hanya terkait membaca dan menulis, apabila membaca didefinisikan sebagai mengeja dan membunyikan rangkaian huruf dengan fasih.

Menulis juga tidak terbatas pada menuliskan kata secara mekanistis. Membaca adalah upaya untuk membangun makna dan menulis adalah kegiatan mencipta serta mengalirkan gagasan secara sistematis.


B. Literasi pada Transisi PAUD ke SD

Kesan dan minat siswa terhadap buku dan kegiatan membaca di kelas 1 (satu) Sekolah Dasar (SD) merupakan fondasi yang menentukan kesiapannya dengan kegiatan literasi. Oleh karena itu, literasi dini dan literasi di kelas awal pada jenjang PAUD dan SD perlu dibiasakan melalui kegiatan yang bermakna dan menyenangkan.

Kegiatan literasi pada masa transisi PAUD ke SD dilakukan dengan memastikan siswa menuntaskan kompetensi di fase fondasinya. Kompetensi ini mencakup pengenalan nilai agama dan budi pekerti, kematangan emosi, keterampilan sosial dan bahasa, pemaknaan terhadap belajar yang positif, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri, dan kematangan kognitif.

Pada awal tahun ajaran baru, berilah siswa kesan yang menyenangkan dalam kegiatan mengenal teman dan lingkungan, mengembangkan kemampuan tutur, berinteraksi, mengenal sopan-santun, tata krama dan aturan bersama, menyimak cerita serta buku yang dibacakan (read aloud). Lakukan semua kegiatan ini dalam kegiatan bermain yang bermakna dan mendorong siswa untuk bergerak aktif sehingga ia merasa nyaman dan berminat terhadap kegiatan belajar.

Satuan pendidikan sebagai ujung tombak pendidikan dalam kontribusinya untuk membenahi literasi sehingga siswa memiliki kecakapan literasi seperti yang diinginkan, perlu mengaplikasikan strategi-strategi berikut:

Beberapa strategi literasi di atas perlu dilakukan dengan harapan mampu untuk membenahi literasi melalui asesmen dan pembelajaran di sekolah atau satuan pendidikan. Selain itu, strategi tersebut diharapkan mampu menghantarkan siswa untuk mencapai 6 kompetensi literasi dasar yang wajib dimiliki oleh peserta didik.


Sumber:
Benahi Literasi Melalui Pembelajaran dan Asesmen
Kemendikbudristek 2023